KKP Sudah Tenggelamkan 327 Kapal Asing

Ahmad Rofahan - 12 Oktober 2017 17:23 wib
Penenggelaman kapal oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di laut Kalimantan Barat -- ANT/Regina Safri
Penenggelaman kapal oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan di laut Kalimantan Barat -- ANT/Regina Safri

Metrotvnews.com, Cirebon: Hingga saat ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah menenggelamkan 327 kapal asing yang digunakan untuk mencuri ikan di wilayah perairan Indonesia. Tindakan tegas itu cukup ampuh menyingkirkan kapal asing ilegal dari perairan Nusantara.

"Kebanyakan berasal dari wilayah Asean," kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sjarief Widjaja di Cirebon, Jawa Barat, Kamis 12 Oktober 2017.

Sjarief menjelaskan, persediaan ikan di wilayah Indonesia sangat sedikit saat awal kepemimpinan Susi Pudjiastuti. Kondisi tersebut disebabkan adanya 10.000 kapal asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia.

"Kapal asing tersebut berukuran 200-300 GT dan dilengkapi dengan jaring sepanjang 150 kilometer. Sekali tangkap bisa mencapai 100 ton," ujar Sjafrie.

Pemerintah, lanjut Sjafrie, kemudian berusaha menekan operasi kapal-kapal ikan ilegal di perairan Indonesia dengan menenggelamkannya. Tindakan tersebut berujung manis. Sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Ambon, Merauke, Timika, Biyak, dan Natuna mulai merasakan manfaatnya.

Saat ini, hanya dengan modal pancing bisa mendapatkan ikan kakap di Teluk Ambon. "Ini menunjukkan restocking ikan di Indonesia sudah terjadi," kata Sjafrie.

Menurut Sjafrie, ketersediaan ikan di Indonesia saat ini meningkat tajam dibandingkan tahun 2013. Pada 2013, ketersediaan ikan di Indonesia 6,5 juta ton. Kini, sudah pada kisaran 12,5 juta ton.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KELAUTAN DAN PERIKANAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017