DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.147.901 (21 SEP 2018)

Bus Bebas Masuk Jalur Khusus Tol Jakarta-Cikampek

Antonio - 06 Maret 2018 11:07 wib
Kepala BPTJ, Bambang Prihartono berdiskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di depan Bus Trans Jabodetabek premium yang terparkir di Mega Bekasi Hypermall Bekasi, Senin, 5 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Antonio
Kepala BPTJ, Bambang Prihartono berdiskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di depan Bus Trans Jabodetabek premium yang terparkir di Mega Bekasi Hypermall Bekasi, Senin, 5 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Antonio

Bekasi: Semua bus yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek diperbolehkan menggunakan High Occupancy Vehicle (HOV) Lane atau jalur khusus bus Bekasi-Jakarta yang telah tersedia. Ini sebagai memangkas waktu tempuh angkutan massal rute Bekasi-Jakarta

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan bus diperkenankan melewati HOV Lane sebagai apresiasi Pemerintah untuk penyedia jasa pengguna angkutan massal. Sepanjang jalur khusus bus premium masih kosong boleh diisi oleh bus yang lain untuk memangkas waktu tempuh.

"Kita tetap memperbolehkan bus yang lainnya ya, karena kita berikan apresiasi setiap orang yang mau naik bus ke jakarta, apakah bus pegawai, bus apapun dia," kata dia di Bekasi Senin, 5 Maret 2018.

Dia mengatakan, untuk memastikan bus tetap di jalurnya saat berada di dalam Tol, maka waktu tunggu operasional bus perlu dipercepat. "Makanya nanti headway kalau bisa 5 menit paling lama 10 menit. Sehingga lajur yang disiapkan itu tidak mubazir diisi oleh bus premium," ujarnya.

(Baca: Kemenhub Sediakan Kantong Parkir di GT Bekasi Barat dan Timur)

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihartono mengatakan, masyarakat yang ingin beralih menggunakan bus premium tidak perlu khawatir dengan biaya parkir angkutan pribadi jenis mobil.

Masyarakat hanya dikenakan tarif sebesar Rp10 ribu dalam satu kali parkir dan dapat mengambilnya hanya dengan menunjukan karcis bus premium milik pengendara.

"Kita sudah bicara dengan pihak mall, kita sudah sepakat, terutama tarif. Kita minta tolong, kalau nanti penumpang yang memegang karcis Trans Jabodetabek Premium, dia dikenakan tarif flat dari pagi sampai malam. Jadi tidak progresif," kata dia.

Pemerintah menyediakan bus premium dari Bekasi ke Jakarta. Selain itu, kantong parkir untuk angkutan pribadi yang dibawa oleh pengendara juga telah disiapkan.

(Baca: Ganjil Genap di GT Bekasi Bakal Urai Kemacetan 40 Persen)


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SISTEM GANJIL GENAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-09-2018