DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 40.273.617.416 (15 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Penataan Sungai Ciliwung dan Cisadane Masih Digodok

Rizky Dewantara - 10 Oktober 2018 12:14 wib
Sungai Ciliwung di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 Oktober 2018.
Sungai Ciliwung di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 Oktober 2018.

Bogor: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan pemetaan untuk menata dua sungai besar yang melintas di Kota Bogor yaitu Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, pemetaan sudah dilakukan sejak pekan lalu dengan menyusuri Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan Cisadane. Mulai dari Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur hingga Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

"Pertama, kita fokus pada normalisasi Sungai Ciliwung dan Cisadane, mencatat masalah-masalah apa saja yang harus diselesaikan. Seperti sampah dan instalasi pembuangan air limbah (Ipal)," kata Bima kepada Medcom.id, di Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 Oktober 2018.

Bima menjelaskan, Pemkot Bogor sedang memetakan persoalan DAS Ciliwung dan Cisadane, agar masalah yang dihadapi dapat diketahui dan diselesaikan melalui jangka pendek dan jangka panjang.

Bima mengatakan untuk jangka pendek pihaknya akan fokus pada masalah sampah. Pengelolaan dan penanganan sampah sepanjang Sungai Ciliwung dan Cisadane dapat diselesaikan terlebih dahulu.

"Kami akan memobilisasi warga yang tinggal di bantaran sungai untuk penanganan normalisasi sungai. Dengan cara pembersihan sampah," jelas Bima.

Setelah penanganan jangka pendek, lanjut Bima, akan dibahas rencana aksi selanjutnya yang dikoordinasikan dengan semua pihak. Menurut Bima, perlu perencanaan matang dalam menata dua sungai tersebut.

"Kami berencana menyusun penanganan jangka panjang yang melibatkan warga. Seperti RT, RW, karang taruna, komunitas dan lain sebagainya. Intinya semua elemen masyarakat Kota Bogor harus terlibat untuk merubah wajah sungai Ciliwung," pungkas Bima.


(DEN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG NORMALISASI SUNGAI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 15-10-2018