DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 51.179.914.135 (23 NOV 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Pelanggan PDAM di Bandung Sulit Dapat Air Bersih

Roni Kurniawan - 11 Oktober 2018 22:07 wib
Ilustrasi air bersih, Medcom.id - M Rizal
Ilustrasi air bersih, Medcom.id - M Rizal

Bandung: Sebanyak 40 persen dari 177 ribu pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung, Jawa Barat, tidak mendapat pasokan air bersih selama lima bulan terakhir. Hal itu disebabkan kemarau panjang yang terjadi dan mengakibatkan sumber air baku di Situ Cipanunjang, Kabupaten Bandung mengering. 

Direktur Utama PDAM Tietawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, debit air baku dari Situ Cipanunjang menurun hingga 600 liter perdetik dalam dua minggu terakhir. Hal itu pun berdampak langsung kepada pelanggan PDAM terutama yang berada di kawasan Bandung bagian timur.

"Diperkirakan 40 persen pelanggan dari jumlah 177 ribu pelanggan terdampak akibat ini. Kita krisis air baku karena debit air di Situ Cipanunjang terus turun," ujar Sonny saat meninjau pembagian air bersih di Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Kamis 11 Oktober 2018.

Guna mengantisipasi hal itu, Soni mengaku telah mengerahkan puluhan kendaraan tanki berisikan air bersih. Pasalnya selama beberapa bulan terakhir terdapat 31 titik yang meminta pasokan langsung air bersih.

"Ada 31 titik sampai saat ini yang mengajukan untuk dikirim air bersih. Kita siapkan puluhan mobil tanki dan bak berisi toren untuk mendistribusikan air bersih ini," sambung dia.

Namun Sonny menuturkan tidak semua pelanggan PDAM yang terdampak meminta kiriman air bersih. Ia memprediksi, warga yang tidak meminta pasokan kemungkinan memiliki sumber air lain seperti sumur.

"Kemungkinan warga terdampak ini di wilayahnya masih air sumur yang bisa dimanfaatkan airnya. Atau mungkin pakai alat jetpum untuk menyedot air," urainya.

Sonny pun tidak bisa memastikan berapa lama persediaan air bersih di PDAM Tirtawening yang ada saat ini. Pasalnya hal itu tergantung pasokan dari sumber air baku salah satunya di situ Cipanunjang.

"Kita berdoa saja semoga turun hujan terutama di daerah sumber air baku. Karena kita juga sudah sangat kerepotan dan biaya operasional semakin membengkak," keluh Sonny.


(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG AIR BERSIH
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 13-12-2018