DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Maranatha Fair 2018 Dipadati Ribuan Pencari Kerja

Pelangi Karismakristi - 11 April 2018 11:48 wib
Maranatha Fair 2018 dipadati dua ribu pengunjung. Foto: Dok. Universitas Kristen Maranatha
Maranatha Fair 2018 dipadati dua ribu pengunjung. Foto: Dok. Universitas Kristen Maranatha

Bandung: Sebanyak 2 ribu pencari kerja (job seeker) memadati Universitas Kristen Maranatha. Mereka mengikuti event bertajuk Maranatha Fair 2018.

Ketua Umum Maranatha Fair 2018 Prasasti Tria Danarti menjelaskan acara yang mengusung tema Create Your Future kali ini terbilang unik, karena menjadi ajang integrasi tiga bentuk kegiatan, yaitu Education Fair, Enterpreneur Fair, dan Job Fair. Pada bagian Education Fair terdiri dari sembilan lembaga pendidikan yang diharapkan menjadi sarana informasi untuk mengenal profil Universitas Kristen Maranatha, dan memperkenalkan bentuk kerja sama dengan beberapa universitas luar negeri.

"Entrepreneur Fair menjadi ajang bagaimana para alumnus secara kreatif membuka wirausaha melalui berbagai bentuk produk dan jasa. Job Fair memberikan kesempatan bagi lulusan dan masyarakat umum untuk melihat peluang lapangan kerja yang disediakan oleh 41 perusahaan nasional maupun multinasional yang terdiri dari Perusahaan Industri, Bank, Jasa, dan Teknologi Digital," papar Prasasti dalam keterangan tertulisnya, Rabu 11 April 2018.

Acara yang digelar pada 10-11 April 2018 ini juga menjadi sarana kerja sama yang baik antara Universitas Kristen Maranatha bersama sejumlah perusahaan sebagai penyedia lapangan pekerjaan bagi para job seeker (pencari kerja). Selain itu, kegiatan tahunan ini juga hadir sebagai bentuk kreatif dalam menentukan masa depan yang baik bagi masyarakat dalam mewujudkan peningkatan pembangunan nasional.

Maranatha Fair 2018 mendapat apresiasi dari perwakilan dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Purwanto Praboto. "Maranatha Fair 2018 menjadi upaya  memberikan wawasan mengenai perguruan tinggi dan membuka kesempatan lulusan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dengan mempertemukan para lulusan dengan mitra industri," paparnya.

Dia menambahkan, Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Inilah yang menjadi tantangn bagi tiap institusi baik dari pemerintah, lembaga pendidikan dan industri yang menyediakan lapangan pekerjaan untuk mempersiapkan angkatan muda menjadi tenaga kerja potensial.

"Perguruan tinggi swasta yang jumlahnya lebih banyak dari perguruan tinggi negeri justru menjadi lembaga pendidikan tinggi yang turut memberikan kontribusi dalam mempersiapkan tenaga kerja dengan skill yang tepat agar siap bersaing di dalam Masyarakat Ekonomi Asia," jelas Purwanto.

Sementara itu, perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Marsana memaparkan data BPS, soal bagaimana di antara 2,5 juta total populasi di Bandung. Populasi angkatan kerja yang aktif pada 2017 kurang lebih 1,2 juta, sedangkan jumlah pengangguran kurang lebih sekitar 102 ribu. Ini artinya sekitar 8,4 persen populasi pengangguran di Kota Bandung patut menjadi perhatian.

"Maka dari itu, kerja sama antar lembaga dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya sangatlah penting. Semoga Maranatha Fair 2018 sebagai bentuk wadah bursa tenaga kerja menjadi upaya perguruan tinggi swasta dalam menanggulangi pengangguran dan mulai mengembangkan wawasan bagi lulusan agar sesuai dengan kompetensi kerja," ucap Marsana.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BEASISWA OSC
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 19-10-2018