Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.676.534.291 (20 JULI 2018)

40 Perlintasan Sebidang di Cirebon Ditutup

Ahmad Rofahan - 13 April 2018 16:12 wib
perlintasan kereta di Cirebon.
perlintasan kereta di Cirebon.

Cirebon: Menjelang lebaran 2018, Daop 3 Cirebon sudah menyiapkan sejumlah persiapan untuk bisa menyukseskan arus mudik dan lebaran, salah satunya ditutup perlintasan sebidang.

Manajer Humas Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengatakan ada sekitar 40 perlintasan sebidang yang sudah ditutup oleh pihak Daop 3 Cirebon. Perlintasan yang ditutup, merupakan cikal bakal perlintasan sebidang yang liar, tanpa dijaga dan tidak lebih dari dua meter.

"Kalau yang sudah ramai digunakan masyarakat butuh proses yang lumayan lama. Kalau ini, kita hanya berkoordinasi dengan aparat setempat dan langsung ditutup," kata Kris.

Kris menuturkan, penutupan perlintasan sebidang ini memang sangat perlu dilakukan menjelang arus angkutan lebaran nanti. Dikarenakan adanya peningkatan intestitas kereta yang akan melintas. 

Untuk jalur selatan, ada sekitar 32 perjalanan kereta tambahan. Sedangkan untuk wilayah selatan, ada delapan kereta tambahan.

"Sehingga cukup penting juga penutupan perlintasan sebidang ini, untuk keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api," kata Kris.

Walaupun saat ini sudah berhasil menutup 40 perlintasan sebidang, Daop 3 Cirebon akan terus melakukan upaya serupa. Kris mengungkapkan, pihaknya sebenarnya hanya ditargetkan untuk menutup 23 perlintasan saja. Namun pihaknya bisa secara maksimal menutup hingga 40 perlintasan.

"Dari target 23 perlintasan, kita bisa realisasikan hingga 40 perlintasan," kata Kris.

Selain itu, pihaknya juga memperbaiki perlintasan, drainase, dan penguatan tanah labil. Selain itu, Daop 3 Cirebon juga meningkatkan kinerja persinyalan disejumlah titik. Karena hal-hal tersebut sangat mendukung perjalanan kereta api.

"Kita juga ada petugas yang siaga diwilayah rawan, baik itu rawan bencana atau pelemparan," kata Kris.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERLINTASAN KA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-07-2018