Belasan Kecamatan di Kabupaten Sumedang Rawan Kekeringan

Octavianus Dwi Sutrisno - 11 September 2017 16:00 wib
ilustrasi Metrotvnews.com
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Belasan kecamatan di Kabupaten Sumedang rawan kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Ayi Rusmana menuturkan, ada 12 Kecamatan yang rawan bencana kekeringan,  yaitu, Ujungjaya, Tanjungmedar, Jatigede, Buhdua, Conggeang, Cisitu, Situraja, Surian, Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Cisarua, dan Cimanggung.

Menurutnya, jumlah jiwa yang terancam kekeringan dari belasan Kecamatan tersebut mencapai 8.000 jiwa.

"Untuk penanganan kami telah menyiagakan tangki air bersih ke beberapa desa yang dianggap sangat rawan," ungkap Ayi Senin 11 September 2017.

Selain itu, Ayi menegaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan PDAM Tirta Medal Sumedang untuk membantu dalam menyediakan air bersih bagi warga di lokasi rawan kekeringan tersebut.

"Untuk penganggaran penyediaan air bersih, kami (BPBD Sumedang) pun sudah mengajukan bantuan ke BNPB melalui BPBD Provinsi Jabar. Karena anggaran yang tersedia di APBD Sumedang tidak mencukupi sehingga kami mengusulkannya ke tingkat provinsi," ucapnya.

Selanjutnya, saat ditanya mengenai musim kemarau berkepanjangan ini, dirinya mengharapkan warga bijak dalam menggunakan air.

"Kami mengimbau warga menggunakan air seperlunya, jagalah ketersediaan air ketika musim kemarau," tandasnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEMARAU DAN KEKERINGAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 25-09-2017