Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.626.772.093 (16 JULI 2018)

Dana Desa untuk Padat Karya

Cikwan Suwandi - 08 Januari 2018 11:50 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

Karawang: Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menilai program 30 persen dana desa untuk padat karya akan berdampak baik bagi pembangunan desa. Menurutnya, program padat karya pada dana desa akan memengaruhi peningkatan kualitas pembangunan dan perekonomian di wilayah perdesaan.

Cellica mengatakan jika pengerjaan dana desa melalui rekanan kontraktor yang merupakan murni bisnis, akan mengurangi kualitas pekerjaan dana desa. "Kalau rekanan pemborong ini kan bisnis, pasti beda kualitas jika dibandingkan dengan menggunakan padat karya. Jadi, enggak akan ada hitungan yang mengurangi bahan-bahan. Lebih baik menggunakan padat karya yang murni masyarakat," ucap dia di Karawang, Jawa Barat, Minggu, 7 Januari 2018.

Penggunaan padat karya, lanjut Cellica, juga akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Titik awal membangkitkan gotong royong masyarakat pun akan tercipta dengan program padat karya.

Hingga saat ini sudah ada sejumlah desa di Karawang yang melakukan pengelolaan dana desa melalui padat karya. Masyarakat dilibatkan lebih aktif dan produktif.

"Memang belum semua, tetapi sudah ada," ujar Cellica.

Cellica menegaskan, seluruh kepala desa di Kabupaten Karawang harus melakukan pengelolaan dana desa melalui padat karya. "Ini harus dilakukan seluruh kepala desa karena saya melihat ini sangat baik untuk pembangunan wilayah pedesaan. Masyarakat harus dilibatkan secara baik dalam pembangunan melalui dana desa," pungkasnya.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG DANA DESA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 16-07-2018