DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 40.273.617.416 (15 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Pekan Ini, BIJB Layani Penerbangan Internasional

Antara - 10 Oktober 2018 14:25 wib
Pantauan dari udara lokasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, dok: bijb.co.id
Pantauan dari udara lokasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, dok: bijb.co.id

Bandung: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan melayani penerbangan menuju luar negeri. Penerbangan perdana dilakukan pada Sabtu, 13 Oktober 2018, dengan tujuan Madinah, Arab Saudi.

Gubernur Jabar M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan rute BIJB-Madinah akan melayani penumpang asal Jawa Barat dan Jawa Tengah. Menurut Emil, penerbangan dan pelayanan itu merupakan pangsa yang luar biasa.

"Terbang langsung dari Kertajati ke Madinah. Mudah-mudahan ini terus bisa menambah penerbangan lain dari BIJB," kata Emil dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 10 Oktober 2018.

BIJB merupakan bandara yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 24 Mei 2018. Lokasinya diklaim strategis karena berada di Kertajati, Majalengka. Posisinya berada di tengah kawasan yang sedang berkembang di Jabar yaitu Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan atau yang biasa disebut (Ciayumajakuning).

Jabar, ujar Emil, memiliki polusi penduduk terbanyak di Indonesia. Populasi muslim terbanyak di provinsi tersebut.

Minat Muslim untuk beribadah umrah dan haji pun besar. Data dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada 2017, sebanyak 140.153 warga dari kawasan Ciayumajakuning beribadah di Tanah Suci. Jumlah tersebut bertambah tiap tahun.

"Jadi nanti kalau mau umrah atau haji tidak perlu lagi ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang," ujar Emil.

Sementara itu, Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra memastikan siap melaksanakan penerbangan perdana internasional itu. KJT, demikian kode bandara tersebut, akan melayani penerbangan untuk umrah sepekan sekali dengan travel perjalanan Dream Tour.

"Insyaallah kami siap. Dua minggu lalu kami sudah melakukan simulasi. Insyaallah pada 13 Oktober kami akan memulai penerbangan internasional perdana Kertajati - Madinah dengan transit di India," tutur Virda.

Menurut Virda, BIJB telah melalui beberapa tahapan verifikasi dari Kementerian Perhubungan untuk melayani penerbangan internasional. Verifikasi dilakukan pada fasilitas dan sarana pendukung seperti imigrasi untuk masyarakat yang ingin bepergian keluar negeri.

"Fasilitas terminal kami sudah siap. Sekarang bagaimana caranya kami bisa mengoptimalkan bahwa bandara ini sudah beroperasi baik domestik maupun internasional kepada masyarakat luas," ujarnya.


(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 15-10-2018