Ganjil-Genap di Jalan Margonda Depok Belum Serius

Rizky Dewantara - 13 April 2018 18:24 wib
Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara
Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Depok: Rencana pemberlakuan sistem ganjil genap kendaraan di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, pada akhir pekan sempat dilontarkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana. Ternyata rencana tersebut baru sebatas gagasan.

Menurut Dadang hal tersebut merupakan salah satu konsep yang ditawarkan untuk mengurai kemacetan di Jalan Margonda.

"Konsep ganjil genap di Jalan Margonda Raya Kota Depok, hanya sebatas wacana untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di akhir pekan saja," ujarnya, saat ditemui di kantor Dishub Kota Depok, Jawa Barat, Jumat, 13 April 2018.

Gagasan sistem ganjil-genap untuk kendaraan sampai saat ini belum ada kajian atau proyeksi dalam penerapan sistem tersebut. Kebijakan yang akan diambil juga harus mendapat persetujuan dari masyarakat melalui uji coba terlebih dahulu.

"Program ganjil genap belum tentu akan diterapkan di Jalan Margonda, sehingga warga tidak perlu resah," kata Dadang.

Saat ini Jalan Margonda Raya merupakan jalan utama di Kota Depok. Kota Depok belum memiliki jalan pendamping untuk akses ke wilayah Timur dan Barat Kota Depok. Alih-alih mengurai kemacetan, jalan sekitar Depok justru jadi berantakan.

"Jika program ini nekat diterapkan, dikhawatirkan akan menimbulkan bangkitan lalu lintas di sekitar jalan penunjang di Kota Depok," jelas dia.

Penerapan ganjil genap di pintu tol juga masih menunggu keputusan BPTJ dan pemerintah pusat. Kebetulan Kota Depok kebagian penerapan di Pintu Tol Cibubur 2.

"Kami tidak dilibatkan, dan nanti sosialisasi dari kementerian pusat mulai 16 April 2018. Kami hanya dilibatkan untuk sosialisasi ke warga," tandasnya.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG SISTEM GANJIL GENAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-04-2018