Poros Baru Sepakati Enam Poin di Pikada Jabar 2018

Roni Kurniawan - 12 Oktober 2017 12:26 wib
Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Mulyadi -- ANT/Arif Firmansyah
Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Mulyadi -- ANT/Arif Firmansyah

Metrotvnews.com, Bandung: Empat partai politik (parpol) yang tergabung dalam poros baru, Gerindra, Demokrat, PPP dan PAN, telah menentukan sikap untuk berjuang di Pilgub Jabar 2018. Bahkan, empat parpol tersebut telah mengadakan pertemuan tertutup dan menghasilkan beberapa poin penting pada Rabu 11 Oktober 2017.

Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi menjelaskan, pertemuan tersebut adalah bentuk kesepakatan berkoalisi untuk pilkada serentak di kabupaten/kota dan Provinsi Jabar. Mereka menyepakati enam poin penting untuk dilakukan bersama sebagai upaya persiapan menjelang pilkada serentak.

"Poros baru adalah bagian dari upaya kami agar proses demokrasi berjalan kondusif dan pilkada Jabar punya kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," kata Mulyadi, Kamis 12 Oktober 2017.

Enam poin penting yang disepakati partai poros baru, yaitu pertama, berkomitmen tetap bersama selama proses pilkada serentak dan pilgub Jabar guna mencari pemimpin terbaik. "Kami membuat formulasi untuk meningkatkan marwah partai di daerah, karena mereka tahu kondisi riil di masyarakat," tutur Mulyadi.

Kedua, poros baru berupaya mengedepankan kinerja setiap parpol di daerah sebagai ujung tombak memenangkan Pilkada serentak. Ini menjadi bagian penting untuk dilaporkan ke pusat.

(Baca: Poros Baru Terancam Sulit Tentukan Calon di Pilgub Jabar)

Ketiga, poros baru akan menunjuk lembaga untuk melakukan survei terkait kandidat bakal calon kepala daerah yang diusungkan masing-masing parpol. "Sepakat menunjuk tim teknis membuat formulasi koalisi yang lebih mengerucut dan parameter kandidat yang direkomendasikan," lanjut Mulyadi.

Keempat, poros baru akan membuat sejumlah kajian dari berbagai pihak guna mencari calon pemimpin daerah di Jabar. Kelima, poros baru tetap berkomitmen di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Terakhir, masing-masing partai sepakat menunjuk lembaga survei yang memiliki kredibilitas untuk mensurvei kandidat yang diusulkan masing-masing partai.

Mulyadi memastikan, poros baru masih membuka pintu bagi partai lain yang hendak bergabung. Ia mengklaim, ada sejumlah partai mulai mendekat, yakni PBB, PKPI, dan Perindo.

"Sudah berkomunikasi dan kita tetap terbuka untuk partai lainnya," kata Mulyadi.

(Baca: Demokrat Buka Peluang Parpol Lain Gabung Poros Baru)


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JABAR 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 14-12-2017