DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Kapal Pecah Dihantam Ombak di Pemalang, Dua Hilang

Kuntoro Tayubi - 11 Januari 2018 22:31 wib
 Petugas tim SAR menunjukkan lokasi kapal tenggelam di perairan Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Petugas tim SAR menunjukkan lokasi kapal tenggelam di perairan Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Pemalang: Dua orang asal Desa Danasri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, dilaporkan hilang terseret ombak. Hal ini terjadi saat kapal yang ditumpangi pecah dan tenggelam di perairan Asemdoyong, Kecamatan Taman.

Kejadian bermula saat kapal milik Rapi'i yang membawa empat ABK, berangkat beriringan bersama dengan kapal Puji Barokah milik Kusnoto. Posisi kapal milik Rapi'i berada di depan, berjarak sekitar 5 meter untuk mengambil jaring di laut.

Setelah berlayar sekitar 500 meter dari bibir pantai, kedua kapal diterjang ombak setinggi 4 meter kemudian kedua kapal mengalami kebocoran. Setelah bocor, kedua kapal berusaha untuk berbelok kembali menuju ke darat. Tapi, saat akan berputar haluan kembali, kedua kapal diterjang ombak, dan mengakibatkan kapal milik Rapi'i terbalik dan pecah.

Kasatpolair Polres Pemalang, AKP Sunardi menyampaikan, akibat kejadian tersebut kapal milik Rapi,i karam dan kapal milik Kusnoto berhasil menepi ke muara Asemdoyong. "Dua ABK hilang. Sementara lainnya ada yang kembali ke rumah dan ada yang dirawat di rumah sakit," katanya, Kamis, 11 Januari 2018.

Sementara itu petugas SAR Kota Pekalongan Oek Oek mengatakan, kapal milik Rapi'i tenggelam karena lambung kapal pecah dihantam ombak besar setinggi tiga meter. Upaya pencarian masih dilakukan, namun belum membuahkan hasil.

"Kami masih berupaya mencari kedua korban, namun terkendala ombak tinggi, jadi kami tidak berani ke tengah. Sementara disisir di tepi pantai dulu," ujarnya.

Berikut identitas empat ABK kapal nahas tersebut:
1. Rapi'i bin Jaswan, 60, asal Desa Danasari, Pemalang. Status belum ditemukan.
2. Dulraip, 47, asal Desa Danasari, Pemalang. Status belum ditemukan.
3. Sardino bin Rapi'i, 35, asal Desa Danasari, Pemalang. Status dirawat di RS Prima Medika.
4. Makrodin bin Darnawi, 38, asal Desa Danasari, Pemalang. Status selamat.


 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KAPAL TENGGELAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 20-10-2018