Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Abu Tours Disarankan Kembalikan Uang Jemaah

Patricia Vicka - 11 Maret 2018 17:20 wib
Kantor Abu Tours,  Tegal Rejo, Yogyakarta, DI Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Kantor Abu Tours, Tegal Rejo, Yogyakarta, DI Yogyakarta. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: Nasib keberangkatan ratusan calon peserta umroh Biro Abu Tours cabang Yogyakarta belum dapat dipastikan hingga kini. Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DI Yogyakarta (DIY) menyarankan manajemen pusat Abu Tours untuk mengembalikan uang jemaah.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta LOS DIY Fuad mengatakan, jemaah Abu Tours yang melapor ke LOS DIY sebagian besar berharap uang dikembalikan. Ada pula yang berharap tetap berangkat walau harus menjadwalkan ulang keberangkatan dan membayar uang tambahan.

"Banyak (jemaah) yang minta uang dikembalikan. Tapi jemaah masih kasih kesempatan manajemen lakukan dialog bersama,"kata Fuad kepada Medcom.id, di Yogyakarta, Jumat 9 Maret 2018.

Pihaknya sudah mengirim surat panggilan kepada manajemen pusat Abu Tours di Jakarta dan Makassar pekan lalu. Dalam surat tersebut, Ombudsman  memanggil manajemen Abu Tours pusat untuk mengadakan pertemuan bersama seluruh jemaah di Yogyakarta.

(Baca: Abu Tours Dilarang Terima Calon Jemaah Baru)

Pihaknya memberi batas waktu hingga minggu depan untuk menunggu respons balasan dari Abu Tours. Jika tak ada balasan, pihaknya berencana mengusulkan jemaah untuk berkonsultasi hukum dengan Kepolisian DIY.  

Minggu ini LOS DIY kembali mendapatkan laporan dari calon peserta umrah Biro Abu Tours. "Ada empat orang lagi yang lapor. Total laporan masuk ke kami ada 26. Tapi mereka mewakili ratusan klien Abu Tours yang belum berangkat," tutur Fuad.

LOS DIY sudah menyambangi kantor Kementerian Agama (Kemenag) DIY untuk melaporkan permasalahan ini. Fuad menjelaskan LOS mendesak Kemenag turut mengupayakan keberangkatan jemaah serta  mempertemukan jemaah dengan manjemen Abu Tours pusat.

"Kami juga sarankan Kemenag untuk lebih meningkatkan pengawasan dan melakukan evaluasi pada biro umrah berizin agar tidak terjadi lagi kasus ini," pungkasnya.

(Baca: Ombudsman Swasta DIY Panggil Manajemen Abu Tours)


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENIPUAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018