Partai NasDem Terlengkap Pertama Daftar di KPU Tegal

Kuntoro Tayubi - 13 Oktober 2017 16:13 wib
Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono MM (kanan) menerima berkas pendaftaran Partai NasDem yang diserahkan oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tegal, Fajar Sigit Kusuma Jaya, di Aula KPU setempat.
Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono MM (kanan) menerima berkas pendaftaran Partai NasDem yang diserahkan oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tegal, Fajar Sigit Kusuma Jaya, di Aula KPU setempat.

Metrotvnews.com, Tegal: Sejak dibuka pendaftaran pada 3 Oktober 2017 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal baru menerima dua partai politik (parpol) yang menyerahkan berkasnya. Kedua parpol itu yakni, Partai Perindo dan Partai NasDem. Namun, untuk Partai Perindo berkasnya dikembalikan lagi karena ada beberapa persyaratan yang belum dilengkapi. 

"Syaratnya belum lengkap," kata Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono, Jumat, 13 Oktober 2017. 

Sedangkan Partai NasDem, lanjut Sukartono, berkasnya sudah lengkap dan sudah diterima. Berkas Partai NasDem diserahkan pada Jumat 13 Oktober. Berkas diserahkan langsung oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tegal Fajar Sigit Kusuma Jaya. Saat penyerahan, Fajar didampingi puluhan pengurus DPD dan DPC Partai NasDem. 

"Pendaftaran ini merupakan tahap awal dalam penyelenggaraan pemilu legislatif tahun 2019," ujar Kartono, sapaan akrab ketua KPU ini.

Dia menjelaskan, tahapan ini diatur dalam Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang program jadwal tahapan pemilu anggota DPRD Kota/Kabupaten dan Provinsi/Pusat tahun 2019. Selain itu, tahapan juga mengacu pada Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2017 tentang pendaftaran, verifikasi parpol calon peserta pemilu.

"Pendaftaran ini kami buka mulai 3 Oktober sampai 16 Oktober 2017," ujarnya.

Menurut dia, seandainya sampai batas waktu yang sudah ditentukan tapi parpol tidak mendaftar atau tidak melengkapi berkasnya, maka dinyatakan bahwa parpol tersebut tidak mendaftar di KPU setempat. Pendaftaran ini, dilakukan melalui Sistem Informasi Politik (Sipol).

"Batas waktunya sampai pukul 24.00 waktu setempat," imbuhnya.

Sementara, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Tegal Fajar Sigit Kusuma Jaya mengatakan, berkas pendaftaran yang diserahkan ke KPU sudah lengkap. Di antaranya, kartu tanda anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebanyak 1.285 orang. Menurutnya, jumlah itu lebih sedikit dibandingkan saat pengumpulan KTA dan KTP-el sebelumnya.

"Awalnya kita 1.700 orang. Tapi kita kurangi. Kita mengikuti batas proporsional di KPU," ucapnya. 

Sejauh ini, Fajar mengaku sudah menyiapkan 37 calon legislatif (caleg) yang akan mengikuti bursa pemilu legislatif pada 2019 mendatang. Jumlah itu, kata Fajar belum final. Sebab, pihaknya masih menjaring caleg lagi supaya bisa mencapai jumlah maksimal kursi di gedung DPRD Kabupaten Tegal yakni 50 orang.

"Jumlah itu sudah tersebar di 18 kecamatan. Nanti akan kita tambah lagi," tukasnya. 


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILPRES 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-10-2017