Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP2.681.945.402 (22 JULI 2018)

Pemda DIY Ajukan Penerimaan 1.700 ASN di 2018

Patricia Vicka - 11 Januari 2018 23:21 wib
Ilustrasi aparat sipil negara. Foto: Antara/Rahmad
Ilustrasi aparat sipil negara. Foto: Antara/Rahmad

 Yogyakarta: Penerimaan calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) untuk pemerintah daerah akan dibuka pada 2018. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengajukkan kebutuhan 1.700 calon Pegawai Negri sipil (PNS) ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).
 
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Agus Supriyanto menjelaskan formasi tersebut dibutuhkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di bawah Pemda DIY. “Kami ajukan jumlah tersebut karena banyak kekosongan jabatan di dalam ASN. Kosong Karena banyak yang pensiun,” ujar Agus, Kamis, 11 Januari 2018.

Formasi paling banyak dibutuhkan di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Pengajuan 1.700 ASN baru sudah dilayangkan, namun belum dapat dipastikan berapa kuota yang dikabulkan Kemenpan-RB.
 
"Kami juga belum tau kapan mau dibuka pendaftarannya," kata Agus.
 
Pemda DIY membutuhkan banyak CPNS untuk mengisi kekosongan pegawai yang pensiun. Sebagai gambaran, sekitar 800 PNS pensiun setiap tahun. Pemda DIY sendiri sudah menghentikan penerimaan (moratorium) CPNS sejak 2012.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pemda DIY, Gatot Saptadi berharap agar pemerintah pusat menyetujui besaran kuota CPNS yang diajukan Pemda DIY. Ia juga berharap agar Kemenpan-RB bisa secepatnya membuka lowongan CPNS.

Prosedur perekrutam dan tes CPNS tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Para CPNS  wajib mengikuti test Computer Assisted Test (CAT) dan disusul dengan test  bidang keahlian.

“Kemungkinan yang akan menyelenggarakan penerimaan CPNS dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) seperti pada recruitment CPNS Kementerian kemarin,” kata Gatot.
 


(SUR)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018