15 Desa di Brebes Krisis Air Bersih

Kuntoro Tayubi - 13 September 2017 12:26 wib
Polisi memberi bantuan air bersih pada warga mengguinakan armada Armor Water Cannon, di Desa Karangbale, Kecamatan Larangan, Brebes. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)
Polisi memberi bantuan air bersih pada warga mengguinakan armada Armor Water Cannon, di Desa Karangbale, Kecamatan Larangan, Brebes. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Musim kemarau berdampak kekurangan air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sedikitnya ada 15 desa di 4 kecamatan di Brebes yang saat ini mengalami krisis air bersih.
 
“Sedikitnya saat ini ada 15 desa dari empat kecamatan yang terdampak kekeringan hingga menyebabkan kekurangan air bersih. Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Larangan, Songgom, Kersana serta Ketanggungan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Brebes, Eko Andalas, Rabu 13 September 2017.
 
Eko menjelaskan, daerah yang mengalami krisis air bersih karena terjadi pengeringan pada sumber mata air di sumur mereka. Daerah tersebut biasanya berada di wilayah bebatuan dan berada di lereng bebukitan.
 
Ia mengaku telah berkordinasi dengan Dinas Sosial dan PDAM setempat untuk melakukan droping bantuan air bersih. Namun, hingga saat ini pihak Pemkab Brebes belum pernah menerima aduan untuk bantuan air bersih.
 
Meskipun demikian, pihak Kepolisian Resor (Polres) Brebes berinisiatif dengan menurunkan bantuan air bersih ke beberapa daerah terdampak kekeringan. Beberapa truk tangka ber isi air bersih diterjunkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sejak beberapa hari lalu.
 
“Melihat situasi seperti ini (kekeringan) kami tidak perlu menunggu adanya permintaan, Karena saya yakin mereka membutuhkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Kapolres Brebes AKBP Sugiarto disela-sela kegiatan bantuan air bersih di Desa Kubangpari.
 
Musim kemarau berdampak kekurangan air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Brebes. Hal ini mendorong kepolisian resor (Polres) Brebes melakukan gerakan penyaluran air bersih ke beberapa desa terdampak kekeringan.
 
Hari ini ada tujuh titik yang dilakukan droping air bersih, dengan menerjunakan 9 truk tangka. Selian itu, ada 6000 liter air bersih yang diangkut menggunakan salah satu kendaraan taktis yang dimiliki Polres Brebes yakni, Armor Water Cannon (AWC).
 
Kendaraan yang sehari-hari digunakan untuk pembubaran massa saat terjadi demonstrasi, kali ini dialihfungsikan membawa bantuan air bersih. Air yang dibagikan kepada warga berasal dari PDAM setempat.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KEMARAU DAN KEKERINGAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 26-09-2017