Berebut Tiket Rekomendasi PDIP ke Pilgub Jateng

Mustholih - 05 Oktober 2017 17:37 wib
Ilustrasi. MTVN/M Rizal
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Semarang: PDI Perjuangan menjadi satu-satunya partai yang mampu mengusung pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018. Namun, partai berlambang kepala banteng moncong putih ini terkesan tidak ingin buru-buru.

Pengurus PDI Perjuangan Jawa Tengah masih menunggu rekomendasi dari Dewan Pengurus Pusat (DPP). "Sedang menunggu rekomendasi, kami belum tahu," kata Wakil Ketua PDI Perjuangan Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Semarang, Kamis 5 Oktober 2017.

PDI Perjuangan telah menjaring kandidat. Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri telah membuka pendaftaran dari 24 Juli sampai 11 Agustus 2017.

Sebanyak 25 peserta mendaftar, tapi hanya 19 orang yang mengembalikan formulir ke panitia seleksi. Dari internal, maupun dari luar.

Petahana Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko di antaranya. Selain mereka, sejumlah kepala daerah tingkat kabupaten dan kota mencoba naik tingkat. Mereka adalah Musthofa (Bupati Kudus), Wardoyo Wijaya (Bupati Sukoharjo), Junedi (Bupati Pemalang), Sigit Widyonindito (Wali Kota Magelang) dan Triyono Budi Sasongko (Mantan Bupati Pubalingga).

Mereka yang mengurusi partai atau duduk di kursi dewan juga mencoba peruntungan. Sebut saja Widhi Handoko (Ketua GANTI Jawa Tengah), Sunarna (Ketua DPC PDI Perjuangan Klaten), Ken Ragil Turyono (Bendahara DPC PDI Perjuangan Purbalingga) dan Dede Indra Permana (Anggota DPRD Jateng Fraksi PDI Perjuangan).

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) jadi salah satu dari pendaftar dari luar partai. Tujuh orang lainnya yang juga berburu rekomendasi adalah Pho Iwan Salomo, R. Adi Purwono Tjatur Nugroho, Abu Nafi, Lestariyono Loekito, Nurul Triwahyuni, Sunindyo, dan Andang Wahyu Triyanto.

Ketua Tim Pemenangan Pemilihan Gubernur PDI Perjuangan Jateng, Agustina Wilujeng, belum dapat dimintai komentar terkait penjaringan kandidat Calon Gubenur PDI Perjuangan. Namun, Agustina beberapa waktu lalu sempat menyatakan kepada Metrotvnews.com, pihaknya sedang menunggu jadwal fit and proper test (uji kemampuan dan kelayakan) dari Pengurus Pusat PDI Perjuangan.

"Sampai dengan hari ini kami belum mendapat pemberitahuan untuk fit and proper test. Jadwalnya belum turun. semoga secepatnya," kata Agustina, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 18 September 2017.

Agustina menegaskan semua berkas para peserta yang mendaftar sebagai cagub atau cawagub itu sudah diserahkan ke Pengurus Pusat PDI Perjuangan. "Tahapan di Jateng sudah selesai. Sekarang tahapan ada di DPP," terang Agustina.



 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017