Ribuan Bangunan Liar di Brebes akan Ditertibkan

Kuntoro Tayubi - 11 September 2017 17:43 wib
Ratusan bangunan liar di sepanjang saluran irigasi yang akan ditertibkan (dibongkar) di Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)
Ratusan bangunan liar di sepanjang saluran irigasi yang akan ditertibkan (dibongkar) di Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Sebanyak 1.229 bangunan liar yang berada di sepanjang kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemali Hilir akan segera ditertibkan. Bangunan tersebut berada di sembilan kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. 

“Bangunan yang ada di daerah irigasi selain tidak berizin kondisinya bisa sangat berbahaya jika musim penghujan tiba. Bangunan tersebut, selain rawan longsor juga menghambar aliran air yang ada di sekitar aliran irigasi yang ditempatinya,” ujar Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (PSDAPR) Kabupaten Brebes, Agus Ashari, usai Rapat Kordinasi (Rakor) persiapan penertiban di Ruang Rapat OR Setda Brebes, Senin, 11 September 2017.

Adapun rinciannya bangunan liar yang akan ditertibkan ada di Kecamatan Bulakamba 273 bangunan, Larangan 341 bangunan, Ketanggungan 102 bangunan, Kersana 30 bangunan, Jatibarang 139 bangunan, Brebes 114 bangunan, Tanjung 27 bangunan, Wanasari 101 bangunan dan Kecamatan Songgom 102 bangunan.

Ia mengaku, pihaknya sudah bersosialisasi soal penertiban. Kebanyakan bangunan semi permanen dan sebagai sudah permanen. Namun, semuanya tidak berizin.

“Tidak ada proses ganti rugi kepada pemilik bangunan saat penertiban nanti. Mengantisipasi kericuhan saat penertiban, kita bekerjasama dengan Polri, TNI, Aparat Kecamatan dan desa,” ungkapnya.

Perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Agnes Yustika Rini mengungkapkan, pembersihan bangunan liar yang ada di sekitar sungai merupakan agenda rutin. Karenanya, diharapkan akhir tahun ini semua bangunan liar yang ada di Kabupaten Brebes disekitar area sungai bisa ditertibkan.

"Ini kebetulan ada proyek nasional normalisasi di saluran irigasi Pemali hilir yang mengakses sembilan kecamatan di Brebes. Nilai proyeknya mencapai Rp200 miliar lebih, ini nantinya akan membantu petani Brebes dalam kesulitan air," ujarnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANGUNAN LIAR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 24-09-2017