Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.659.184.273 (20 JULI 2018)

Setelah Hujan, Sebaran Busa Bikin Heboh Pengendara di Sleman

Ahmad Mustaqim - 22 Maret 2018 17:08 wib
Petugas membersihkan busa di Jalan Laksda Adisucipto, Sleman, yang muncul setelah hujan turun, Kamis, 22 Maret 2018, Medcom.id - Mustaqim
Petugas membersihkan busa di Jalan Laksda Adisucipto, Sleman, yang muncul setelah hujan turun, Kamis, 22 Maret 2018, Medcom.id - Mustaqim

Sleman: Pengendara di Jalan Laksda Adisutjipto Sleman, DI Yogyakarta, dikejutkan dengan munculnya busa putih di sepanjang jalan pada Kamis siang, 22 Maret 2018. Munculnya busa putih itu berada di bawah jembatan layang Janti sepanjang ratusan meter dan menutupi sebagian aspal jalanan. 

Sumadi, seorang karyawan di salah satu rumah makan di dekat Jalan Laksda Adisutjipto, mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Mulanya, kata dia, hujan deras mengguyur sebagian wilayah Sleman sekitar 20 menit. 

"Habis hujan, hujannya reda, muncul itu busa putih. Dari bekas air-air hujan yang dilewati kendaraan ada busa putih," ujarnya di dekat lokasi kejadian. 

Ia menyatakan busa itu menutupi hampir sebagian besar aspal jalanan di sisi utara lebih dari 100 meter. Menurutnya, busa makin berlipat saat kendaraan melintasi jalan. Bahkan, sebagian busa sampai beterbangan. 

Sumadi tak mengetahui pasti penyebabnya. Ia juga tak bisa memastikan busa itu muncul akibat sabun ataupun benda lain. 

"Ya aneh saja tiba-tiba muncul busa. Kalau sabun, baunya tak seperti sabun atau bau wangi. Baru kali ini kejadian seperti ini," ucap lelaki 49 tahun ini. 

Meski banyak busa di jalanan, tak sampai menyebabkan kecelakaan lalu lintas. "Yang pakai kendaraan jadi sangat pelan jalannya," kata dia. 

Seorang Petugas Penilik Ruas Jalan Janti-Prambanan, Satuan Kerja Dirjen Bina Marga DIY, Aditya Kurniawan menuturkan pihaknya membersihkan jalanan itu setelah memperoleh laporan. Jangan sampai, kata dia, peristiwa itu menyebabkan kecelakaan lalu lintas. 

Menurut dia, busa itu muncul dari atas jembatan layang Janti yang terbawa arus air dan menyebar di ratusan meter ruas jalan Laksda Adisutjipto. "Informasi warga demikian," cetusnya. 

Aditya tak bisa memberi keterangan pasti penyebab kemunculan busa itu. Namun, lanjutnya, busa tersebut tidak berbau namun terasa panas dan gatal saat terkena kulit. 

"Kami hanya membersihkan agar tak terjadi kejadian yang tidak diinginkan di jalanan," pungkasnya. 



(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG FENOMENA ALAM
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 21-07-2018