Sembilan Ribu Guru Tak Tetap di Jateng Siap Ikut Tes CPNS

Budi Arista Romadhoni - 12 Februari 2018 11:29 wib
Logo PNS, Ant
Logo PNS, Ant

Semarang: Di Jawa Tengah, sebanyak 9.000 guru tak tetap menyambut positif wacana pengangkatan menjadi aparatur sipil negara (ASN). Mereka pun siap menjalani tes sebagai syarat penetapan status.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo mengaku kekurangan guru di provinsi tersebut. Pada 2017, sebanyak 2.700 guru ASN pensiun.

"Lalu pada 2018, akan ada 1.958 guru yang pensiun. Sementara ini, posisi mereka ditemapti guru tak tetap untuk memenuhi kegiatan belajar mengajar," ujar Gatot di SMKN 5 Semarang, Senin, 12 Februari 2018.

Disdik, lanjut Gatot, hanya menunggu perintah untuk mengangkat status guru tak tetap dan honor menjadi ASN. Sebab, pengangkatan status merupakan kewenangan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Tugas kami hanya menyediakan sumber daya manusia-nya," ungkap Gatot.

Menurut Gatot, belum ada guru honor yang ditetapkan menjadi ASN. Sebab aturan tak mengizinkan gubernur, bupati, atau wali kota mengangkat guru honor atau tak tetap menjadi ASN.

"Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 48 tahun 2008. Di Jateng adanya Guru Tidak Tetap (GTT) Itu kontraknya dengan kepala dinas. Kita menunggu keputusan pemerintah pusat, karena semua dari sana," ucapnya. 



(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG GURU
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 22-02-2018