Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP 5.744.740.112 (3 AGUSTUS 2018)

Bupati Sleman: Penyerangan Gereja Mengusik Kota Pelajar

Ahmad Mustaqim - 11 Februari 2018 13:21 wib
Garis batas dari kepolisian terpasang di depan Gereja Santa Lidwina Bedog Sleman. (medcom.id-Ahmad Mustaqim)
Garis batas dari kepolisian terpasang di depan Gereja Santa Lidwina Bedog Sleman. (medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Sleman: Seorang warga Banyuwangi, Jawa Timur, Suryono diketahui melakukan tindak kekerasan di Gereja Santa Lidwina Bedog Desa Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Minggu pagi, 11 Februari 2018. Suryono melakukan kekerasan dengan pedang yang menyebabkan sejumlah umat di gereja tersebut mengalami luka, salah satunya Romo Karel Edmund Prier yang memimpin ibadah. 

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengaku kaget atas kejadian itu. Ia menyesalkan kejadian yang mengganggu keharmonisan antarumat beragama di Yogyakarta. 

"Saya merasa kaget dan tidak menghendaki hal demikian," kata Sri Purnomo saat mendatangi Gereja Santa Lidwina. 


Bupati Sleman, Sri Purnomo. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)
 
Menurut dia, kerukunan umat beragama menjadi terganggu atas peristiwa itu. Ia mengimbau tempat beribadah di wilayah kota dan strategis diupayakan pengamanan. 

"Melalui FKUB terus kita upayakan sosialisasi kerukunan.Kita tak tahu ada pelaku dari luar DIY yang melakukan tindakan demikian," ujarnya.

Baca: Kronologis Penyerangan di Gereja St Lidwina Sleman

Ia juga meminta pihak pengelola tempat ibadah melengkapi lingkungan sekitarnya dengan kamera pengawas atau CCTV. Menurut dia, hal ini diperlukan jika ada sesuatu bisa mendeteksi dan mengambil kejadian. 

"Selain itu penting juga menjaga keamanan. Pelaku harus diadili seusai hukum berlaku. Polisi saya lihat sudah bekerja dengan protapnya," ungkapnya. 

Sejumlah jemaat Gereja St Lidwina Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diserang seseorang bernama Suliyono, pria kelahiran 1995. Insiden terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.30 WIB.

Pelaku menyerang jemaat yang berada di dalam gereja menggunakan senjata tajam. Empat orang terluka dalam peristiwa itu, yakni Budijono, 44, mengalami luka sobek pada bagian kepala belakang dan leher bagian belakang akibat senjata tajam.




(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENYERANGAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 14-08-2018