Yogyakarta Berlakukan Samsat Online sejak Desember 2016

Patricia Vicka - 13 September 2017 16:34 wib
Ilustrasi STNK. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi STNK. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polda bersama Pemda Yogyakarta telah meluncurkan Samsat online (e-Samsat) sejak Desember 2016. Melalui layanan e-Samsat ini, masyarakat tak perlu antre lama untuk membayar pajak kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Usman Latif menyebut layanan e-Samsat ini diluncurkan pada Desember 2016 oleh Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua dan roda empat sudah terintegrasi dengan seluruh Samsat di Yogyakarta .

"Jadi kalau ada warga Kabupaten Sleman yang beli motor di Bantul, enggak perlu pergi jauh-jauh ke kantor Samsat Bantul untuk bayar pajak. Tinggal pakai e-Samsat. Bawa bukti bayar ke kantor samsat dimana pun," kata Latif di kantornya di Jetis, Yogyakarta, Rabu 13 September 2017.

Walau demikian, ada perbedaan e-Samsat yang akan diluncurkan pada Oktober 2017 diluncurkan Polri dan yang telah berlaku selama ini di Yogyakarta. Mekanisme pembayaran pajak melalui e-samsat di Yogyakarta bisa dilakukan melalui atm bank saja.

(Berita terkait: Jateng Sudah Tiga Tahun Menerapkan Samsat Online)

Kepala Seksi STNK Ditlantas Polda DIY Kompol Lutfhi menyebut, warga yang hendak membayar pajak tinggal mendatangi ATM bank yang sudah bekerja sama dengan Pemda. "Di ATM bank tersebut sudah ada menu bayar pajak kendaraan. Masyarakat tinggal bayar saja," kata dia.

Warga kemudian diwajibkan membawa struk pembayaran dari mesin ATM itu ke Samsat terdekat untuk melakukan pencetakan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan pengesahan STNK. Warga tinggal memasukkan nomor referensi yang tercantum pada struk pembayaran yang dikeluarkan mesin ATM.

Pemda DIY baru bekerja sama Bank BPD DIY untuk pembayaran. Namun, bank lain turut akan diajak bekerja sama ke depannya . Dengan adanya Samsat Online, masyarakat tak perlu lagi antre di loket Samsat untuk pembayaran pajak tahunan. Selain itu seseorang tak perlu pergi jauh-jauh untuk membayar pajak kendaraan. Sehingga bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya.

(Klik: Samsat Online Bisa Percepat Pelayanan Menjadi 5 Menit)

"Apalagi sekarang layanan Samsat sudah sampai ke kecamatan. Kami punya Samsat keliling sampai ke kecamatan," pungkasnya.

Sementara itu mengatakan warga yang belum memiliki rekening BPD DIY bisa mendatangi kantor Samsat terdekat untuk pembayaran pajak kendaraan. Kemudian membayarkan pajak biaa melalui ATM bank dan tinggal membawa bukti bayar untuk mendapat tanda pengesahan perpanjangan STNK.

"Selesai sudah proses perpanjangan STNK," jelas dia.

Namun layanan ini hanya berlaku lintas DIY saja dan belum bisa untuk diluar Provinsi DIY.  Dengan diluncurkannya E-Samsat Nasional, warga non DIY yang tinggal di Yogyakarta akan semakin mudah mengurus pembayaran pajak.

(Baca: Persiapan Sistem Samsat Online Nasional Mencapai 99 Persen)


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PAJAK KENDARAAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 19-11-2017