DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 45.764.339.104 (19 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Tanggul Sungai Tiga Desa di Jepara Rawan Jebol

Rhobi Shani - 12 Januari 2018 14:27 wib
Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara Pujo Prasetyo meninjau kondisi tanggul yang longsor. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani
Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara Pujo Prasetyo meninjau kondisi tanggul yang longsor. Foto: Medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Tanggul Sungai Serang Welahan Drainase (SWD) II di Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tergerus air dan longsor. Sehingga kondisi tanggul tersebut rawan ambrol.

Tak pelak, puluhan rumah peternakan sapi, lahan pertanian, dan sekitar 200 kepala keluarga (KK) di Dusun Doropayung Desa Kaliombo Kecamatan Pecangaan terancam.

Panjang longsor pada tanggul mencapai 13 meter dengan lebar 6 meter. Warga setempat menggunakan bambu untuk menahan tanah untuk antisipasi tanggul ambrol. Jika tidak segera ditangani, dikhawatirkan tanggul jebol dan mengakibatkan banjir.

Kepala Desa Gerdu Hafid menyampaikan, tanggul dirusak longsor sejak satu bulan lalu. Pihak desa sudah mengajukan permohonan bantuan logistik darurat, seperti sak dan tanah urug. Namun sampai saat ini belum ada bantuan.

"Sudah kami ajukan dan juga sudah ditinjau. Terpaksa kami memakai bambu untuk menahan longsor supaya tidak melebar, karena bantuan belum turun," terang Hafid, Jumat 12 Janurai 2018.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara Pujo Prasetyo menyampaikan, ancaman tanggul jebol tidak hanya di Desa Gerdu. Hasil pantauannya, tanggul jebol juga rawan terjadi di Desa Gedangan dan Desa Ketileng Singolelo Kecamatan Welahan. Saat ini kondisi tanggul di sungai tersebut ambrol, meski sudah dilakukan perbaikan sementara.

"Kami minta pihak desa untuk bisa mengajukan bantuan supaya segera ada penanganan. Bantuan karung plastik kepada dinas terkait untuk menahan supaya tidak longsor," tandas Pujo.


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANJIR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 20-10-2018