DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 41.348.051.099 (17 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Tujuh RS Tipe D di Brebes Siap Layani Pasien BPJS

Kuntoro Tayubi - 12 Oktober 2018 15:53 wib
Bupati Brebes Idza Priyanti meninjau RUSUD Brebes yang sedang prosess akreditasi. (Kuntoro Tayubi/Medcom.id)
Bupati Brebes Idza Priyanti meninjau RUSUD Brebes yang sedang prosess akreditasi. (Kuntoro Tayubi/Medcom.id)

Brebes: Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018, direspons baik pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tujuh rumah sakit tipe D siap menyambut rujukan pasien BPJS.

“Di Brebes ada tujuh rumah sakit tipe D yang tersebar di tiga wilayah. Sehingga semua pasien BPJS bisa menjangkau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Gunadi, saat dihubungi, Jumat, 12 Oktober 2018.

Di wilayah utara rumah sakit tipe D rujukan BPJS bisa dilakukan di RS Mutiara Bunda Tanjung, dan RS Dedy Jaya Brebes. Sedangkan di wilayah  tengah terdapat di RS Amanah Mahmudah Larangan, dan RS Dera Asifa Banjarharjo.

Sementara tiga rumah sakit tipe D lainnya siap melayani peserta BPJS yang berada di Brebes Selatan. Dari tujuh rumah sakit tersebut, hanya satu rumah sakit berstatus milik pemerintah daerah, yakni RSUD Bumiayu. Lainnya milik swasta.

Semua rumah sakit tipe D di Brebes sudah memenuhi standar peraturan menteri kesehatan. Sumber daya manusia dan peralatan kesehatan sudah terpenuhi. Namun bagi yang menghendaki pelayan tipe B dan C, warga bisa mendapatkannya di RSUD Brebes dan RS Bhakti Asih.

“Di Brebes belum ada yang tipe A. Namun di Rumah Sakit Tipe D, warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan seperti penyakit dalam, anak, bedah, dan kandungan. Selain itu juga ada dokter spesialis gigi dan dokter umum,” katanya.

Direktur Umum RSUD Brebes, Oo Suprana mengatakan, meskipun tipe B rumah sakitnya memiliki dapat menerima rujukan pasien BPJS. Sebab tidak semua rumah sakit tipe D memiliki fasilitas yang dibutuhkan pasien.

“Jadi kami tetap menerima rujukan pasien BPJS jika fasilitas di rumah sakit tipe D tidak ada. Tentunya semua ditempuh melalui mekanisme dan prosedur yang benar,” ungkapnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BPJS KESEHATAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 19-10-2018