Jepara Dilanda Longsor dan Banjir Bandang

Rhobi Shani - 12 Januari 2018 14:11 wib
Warga bersama relawan membersihkan material longsor. Medcom.id/Rhobi
Warga bersama relawan membersihkan material longsor. Medcom.id/Rhobi

Jepara: Hujan disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sejak kemarin sampai hari ini mengakibatkan longsor dan banjir bandang. Tercatat empat rumah roboh dan rusak setelah terkena material lonsoran dan tertimpa pohon tumbang. Serta, satu sekolah tersapu banjir bandang. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Pujo Prasetyo menyampaikan, dua rumah rusak akibat longsor. Yaitu rumah Suminah, warga Dukuh Ngrebu Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji. Serta rumah milik Naskun, warga Dukuh Tulaksoro Desa Bategede Kecamatan Nalumsari. Di kedua rumah ini, tembok belakang rumah dan dapur jebol akibat longsoran material tanah.

“Peristiwa lainnya rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Yaitu  rumah milik Nur Saadah warga Desa Pancur Kecamatan Mayong rusak di bagian belakang akibat ditimpa pohon randu yang tumbang dan satu rumah roboh di Bangsri,” ujar Pujo, Jumat 12 januari 2018.

Selain longsor, akibat tingginya curah hujan juga mengakibatkan banjir bandang di Kecamtan Batealit. Aktivitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Batealit lumpuh total akibat diterjang banjir bandang.

“Banjir terjadi singkat namun alirannya deras. Banjir berasal dari sungai yang berada di bagian lebih tinggi dari sekolah,” kata Pujo.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi langsung meninjau sekolah yang terkena banjir bandang. Pihaknya menjanjikan bantuan perbaikan dan penggantian peralatan, serta fasilitas sekolah yang rusak.

“Saya sudah minta pihak sekolah untuk segera menginventarisasi seluruh kerusakan yang diakibatkan banjir,” kata Marzuqi.

Banjir bandang kali ini diduga berkait aktivitas pembukaan lahan untuk perumahan. Dimana, pihak pengembang perumahan menutup sungai yang melintas di kawasan tersebut.



(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANJIR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 22-04-2018