Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

468 Rumah Rusak Akibat Bencana Brebes, Kerugian Rp7 Miliar

Kuntoro Tayubi - 08 Maret 2018 18:50 wib
TNI dan warga membersihkan fasilitas sekolah yang terdampak banjir di Losari, Brebes, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi
TNI dan warga membersihkan fasilitas sekolah yang terdampak banjir di Losari, Brebes, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes: Sedikitnya 468 rumah milik warga rusak akibat bencana alam di Brebes, Jawa Tengah. Ratusan bangunan tersebut berada di daerah terdampak bencana banjir, longsor, tanah bergerak dan puting beliung.

"Semuanya sudah kami usulkan untuk mendapatkan bantuan," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Brebes, Gatot Rudiono, Kamis, 8 Maret 2018, di kantornya.

Ia menjelaskan, rumah warga tersebut tersebar di 26 desa, di 10 kecamatan yang dilanda bencana banjir, longsor, tanah bergerak dan puting beliung. Di antaranya, Kecamatan Losari, Ketangungan, Jatibarang dan Larangan. Daerah tersebut terdampak banjir.

Kemudian, di Kecamatan Tonjong dan Sirampog akibat bencana tanah bergerak. Selanjutnya di Kecamatan Salem dan Bantarkawung akibat bencana tanah longsor. Sedangkan di Kecamatan Wanasari akibat puting beliung.

Paling banyak rumah terdampak akibat bencana tanah longsor mencapai 207 unit, kemudian banjir 172 unit, tanah bergerak sebanyak 81 unit dan puting beliung hanya 1 rumah. Data tersebut telah diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Brebes.

“Upaya penanganan kerusakan hunian warga akibat bencana itu akan dilakukan lintas sektoral. Dalam artian, tidak hanya mengandalkan dari BNPB, tetapi diusulkan juga ke Kementerian terkait, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari rumah warga yang terdampak bencana itu ada indikator kerusakan. Yakni, bagian lantai, dinding dan atap. Jika hanya satu indikator yang terpenuhi, kerusakan itu masuk kategori ringan. Sedangkan untuk kategori kerusakan berat jika yang terpenuhi dua indikator.

"Rata-rata dari hasil pendataan kami di lapangan, ada dua indikator kerusakan yang terpenuhi. Sehingga ini masuk kategori rusak berat," sambungnya.

Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Eko Andalas menambahkan, dari data yang diterima itu akan segera diusulkan ke BNPB. Setiap rumah warga yang rusak akan diberikan bantuan stimulan, dengan estimasi nilai bantuan Rp 15 juta per rumahnya.

"Total kerugian di sektor pemukiman atau hunian masyarakat akibat bencana ini, kami taksir mencapai Rp 7,020 miliar," tambahnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BANJIR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018