KPU Jateng Ajukan Anggaran Pilgub Nyaris Rp1 Triliun

Mustholih - 31 Mei 2017 12:30 wib
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Semarang: Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Jawa Tengah mendapat anggaran Rp992,24 miliar untuk menyelenggarakan Pemilihan Gubernur 2018. Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, menuturkan saat ini Pemprov Jateng sedang menggodok Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk mencairkan anggaran tersebut.

"NPHD ini masih digodok konsepnya. Kalau sudah selesai baru kita tanda tangani NPHD. Tapi anggaran sudah clear. Jadi seluruh jenis program dan anggaran sudah selesai. Sudah diajukan ke Pemprov, sudah diskusi, sinkronisasi, rasionalisasi, ketemu angka Rp992, 24 miliar," kata Joko Purnomo kepada Metrotvnews.com di Semarang, Rabu, 31 Mei 2017.

Menurut Joko, Pemprov Jateng sebenarnya siap mengucurkan berapa pun anggaran untuk Pilgub 2018. "Pemprov prinsipnya bukan setuju atau tidak setuju. Berapa kebutuhannya akan dipenuhi tapi dengan rasionalisasi, indeks, volume. Baik KPU dan Bawaslu insyaallah clear dari segi anggaran," ujar Joko menambahkan.

Tahapan persiapan pilgub Jateng dimulai pada minggu ketiga Agustus 2017. September, KPU melakukan pembentukan badan penyelenggara, Desember menjadi pendaftaran pencalonan perseorangan. Awal Januari, pendaftaran bakal calon gubernur perseorangan dan partai politik. Februari menjadi penetapan calon gubernur.

Menurut Joko, sebagian besar anggaran Pilgub Jateng 2018 dihabiskan untuk biaya honor badan penyelenggara. Untuk Pemilihan, KPU Jawa Tengah bakal membutuhkan 690 ribu orang yang bersedia menjadi badan penyelenggara adhoc.

"Yang besar di fasalitas kampanye dan badan penyelenggara. Badan penyelenggara di Pilgub butuh 690 ribu orang dengan anggaran Rp580-an miliar. Jadi, 60 persen anggaran itu untuk honor ad hoc," tegas Joko.


(SAN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATENG 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 17-08-2017