Menhub Rencanakan Pembangunan Kereta Bandara Ahmad Yani

Budi Arista Romadhoni - 16 Mei 2018 18:37 wib
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (berdiri, kanan) saat memberikan paparan dialog nasional 'Indonesia Maju' di UTC Semarang, Rabu 16 Mei 2018, Medcom.id - Budi Arista
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (berdiri, kanan) saat memberikan paparan dialog nasional 'Indonesia Maju' di UTC Semarang, Rabu 16 Mei 2018, Medcom.id - Budi Arista

Semarang: Pembangunan kereta yang menghubungkan dari pusat kota ke bandara seolah menjadi tren di sejumlah kota besar di Indonesia. Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah nantinya juga akan memiliki moda transportasi tersebut. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat dialog nasional 'Indonesia Maju' menyatakan,  saat ini sedang mempersiapkan kereta bandara untuk Kota Semarang. Nantinya dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akan dihubungkan dengan stasiun yang ada di Kota Semarang. 

"Kereta bandara juga nanti ada di Semarang, akan dihubungkan dengan stasiun kereta api," katanya di UTC Semarang, Rabu 16 Mei 2018. 

Budi tidak menyebut secara spesifik kapan rencana itu bakal direalisasikan. Kemenhub sendiri selain mengembangkan kereta bandara di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, saat ini  juga tengah membangun di Bandara Adi Soemarmo Solo.  

Kemudian Selain kereta bandara di Semarang, Menhub menuturkan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya sedang tahap finalisasi. Namun jalur tersebut lebih diutamakan dari Jakarta-Semarang terlebih dulu. 

"Kami sedang finalisasi kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, tapi utamakan Jakarta-Semarang," ujarnya.

Kereta semi cepat nantinya direncakanan secepat 160 km perjam. Untuk waktu tempuh Jakarta sampai Semarang diperlukan waktu sampai kurang lebih 3,5 jam. 

"Kecepatan sekitar 160 km/jam. Kira-kira Jakarta Semarang itu 3,5 jam," tandasnya. 



(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KERETA BANDARA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 26-05-2018