DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.100.381.901 (21 SEP 2018)

Polisi Tangkap Peracik Ciu Oplosan

Ahmad Mustaqim - 15 April 2018 16:39 wib
Ilustrasi. Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakarsa (kiri) memperlihatkan barang bukti dan pelaku peracik Minuman Keras (Miras) oplosan. (ANT/SYIFA YULINNAS)
Ilustrasi. Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakarsa (kiri) memperlihatkan barang bukti dan pelaku peracik Minuman Keras (Miras) oplosan. (ANT/SYIFA YULINNAS)

Yogyakarta: Polres Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyita puluhan botol minuman keras (miras) oplosan. Miras oplosan siap edar itu disita setelah operasi yang dilakukan akhir pekan ini. 

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Gunungkidul, AKP Tri Wibowo mengatakan miras jenis ciu oplosan itu disita dari pedagang miras di Kecamatan Semin. Pedagang berinisial S, 50, sempat berupaya mengelabuhi aparat dengan mengemas miras racikannya di dalam botol bekas air mineral. 

"Pelaku menempatkan barangnya (miras oplosan) dengan barang dagangan lain," kata Wibowo pada, Minggu, 15 April 2018. 

Sekitar 24 botol miras oplosan siap edar disita aparat. Selain itu, polisi juga membawa pemilik miras oplosan untuk diperiksa. 

Selain di Kecamatan Semin, polisi juga melakukan razia di Kecamatan Ponjong. Namun, polisi hanya mendapati botol bekas yang sudah dipakai. 

"Peredaran miras oplosan ini melanggar Perda Kabuoaten Gunungkidul Nomor 4 Tahun 2010 tentang minuman beralkhol. Kami terus berupaya mengikis peredaran miras yang mengancam jiwa masyarakat ini," ujarnya. 

Catatan Medcom.id, miras oplosan masih menjadi ancaman untuk wilayah Yogyakarta, tak hanya Gunungkidul. Pada 2016, miras oplosan merenggut 36 nyawa. Kemudian, ada sebanyak enam warga Yogyakarta meninggal akibat miras oplosan pada 2017. 

Kepala Bidang Humas Polda DIY, AKBP Yuliyanto, mengungkapkan kepolisian sudah sering melakukan operasi penyakit masyarakat di berbagai tempat di wilayahnya. 

Berkaca kasus miras oplosan di Jawa Barat yang menewaskan banyak orang, ia menyatakan akan memaksimalkan lagi operasi peredaran miras oplosan di DIY. 

"Termasuk jelang memasuki bulan Ramadan. Dari minggu kemarin suda diperintahkan untuk mulai razia," ujar Yuliyanto. 


(LDS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MIRAS OPLOSAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 21-09-2018