DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Tol Pejagan-Pemalang Ditargetkan Beroperasi Mei 2018

Kuntoro Tayubi - 07 Maret 2018 20:21 wib
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA), Basuki Hadimuljono , saat kunjungan di Pemalang, Jawa Tengah. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA), Basuki Hadimuljono , saat kunjungan di Pemalang, Jawa Tengah. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi)

Pemalang: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPERA), Basuki Hadimuljono memastikan jalan tol Trans Jawa ruas Pejagan-Gandulan, Pemalang, beroprasi pada Mei 2018. Sementara, hingga saat ini, progres pengerjaan jalan tol Pemalang-Batang, baru mencapai 70 persen.

"Dari Pejagan sampai Gandulan, Pemalang, insya allah sudah akan beroperasi pada bulan Mei. Perkiraan selesainya pengerjaan Exit Gandulan sepanjang 5,5 km ini sampai akhir Mei," katanya saat tinjauannya di Exit Gandulan, Pemalang, Rabu, 7 Maret 2018.

Basuki yang didampingi oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, juga melihat secara langsung kesiapan infrastruktur salah satu ruas Tol Trans Jawa tersebut jelang persiapan mudik Lebaran tahun ini.

"Untuk kesiapan arus mudik, jalan tol ruas Pemalang ke Semarang, kita lihat hari ini. Kita upayakan bisa fungsional, bukan darurat lagi, karena kondisinya sudah lebih baik dari tahun lalu," tambahnya.

Basuki juga menyampaikan bahwa pengerjaan Jalan Tol ruas Pemalang-Semarang, hingga saat ini baru mencapai progres 70 persen. Namun pihaknya memastikan, ruas Pejagan-Gandulan sudah beroperasi pada arus mudik tahun ini.

"Pemalang-Batang sudah 70 persen. Pengerjaan tidak bisa cepat karena terkendala kontur tanah," ujarnya.

Jalan Tol Pemalang-Batang memiliki panjang ruas 39,2 km yang dibangun oleh PT Pemalang Batang Toll Road. Tol ini tediri dari 2 seksi dari keseluruhan proyek jalan tol Trans Jawa yang terbentang sepanjang 661 km dari Jakarta-Surabaya yang diperkirakan rampung pada akhir 2018.

Nilai investasi dari tol ini sebesar Rp7,49 triliun. Kemudian, biaya untuk konstruksi Rp2,27 triliun.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INFRASTRUKTUR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 26-09-2018