Cuaca Buruk, Harga Ikan Melonjak

Heri Susetyo - 07 Desember 2017 14:00 wib
Seorang pedagang ikan melayani pembeli di pasar ikan kawasan Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur -- ANT/Hendra Sonie
Seorang pedagang ikan melayani pembeli di pasar ikan kawasan Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur -- ANT/Hendra Sonie

Sidoarjo: Harga ikan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengalami kenaikan akibat cuaca buruk beberapa pekan terakhir. Tingginya gelombang membuat nelayan enggan melaut, sehingga pasokan di tempat penjualan ikan (TPI) turun drastis.

"Kalau cuaca sedang buruk, kami lebih memilih memperbaiki perahu dari pada melaut," kata Said,40, nelayan di Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Kamis, 7 Desember 2017.

Kondisi tersebut menyebabkan pasokan ikan turun drastis dan berakibat pada naiknya harga ikan hingga 50%. Ikan kakap merah yang biasanya dihargai Rp50 ribu per kilogram, kini dijual Rp75 ribu per kilogram.

Sedangkan, ikan dorang yang semula Rp40 ribu per kilogram, naik menjadi Rp60 ribu per kilogram. Kenaikan juga terjadi pada ikan tenggiri yang saat ini mencapai Rp65 ribu per kilogram.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Juanda memperdiksi, cuaca ektrem akan terjadi di perairan Jawa Timur hingga sat pekan ke depan. Cuaca buruk khususnya akan menerjang pantai utara, mulai dari Surabaya hingga Bojonegoro.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG HARGA IKAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA BISNIS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 22-01-2019