Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.400.516.227 (19 JUNI 2018)

Kawasan Terintegrasi JIIPE Tekan Biaya Logistik

Syaikhul Hadi - 05 Maret 2018 16:52 wib
Proyek JIIPE di Gresik, Jawa Timur
Proyek JIIPE di Gresik, Jawa Timur

Surabaya: Jawa Timur bakal memiliki Java Integrated Industrial dan Ports Estate (JIIPE) di lahan seluas 3.000 hektare. Pembangunan infrastruktur pun dibutuhkan untuk merealisasikan kawasan tersebut.

JIIPE berlokasi di Gresik, Jatim. Empat desa di Kecamatan Manyar disulap menjadi kawasan pelabuhan, industri, dan perumahan.

"Di lokasi ini minim rumah. Yang banyak itu tambak, tapi nonproduktif," kata Presiden Direktur PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) Bambang Soetiono saat berbincang dengan Medcom.id di kantornya di Surabaya, Jatim, beberapa waktu lalu.

BKMS merupakan perusahaan yang mengelola kawasan industri di JIIPE. Menurut Bambang, kawasan itu mengintegrasikan pelabuhan, kawasan industri, dan perumahan dalam satu paket. 

Bambang mengatakan konsep itu bertujuan memudahkan proses perawatan dengan ongkos yang lebih hemat. Terutama biaya logistik.

"Misalnya mempermudah biaya transportasi. Secara biaya produksi, biaya transportasinya akan jauh menurun. Karena letaknya terintegrasi. Ada pelabuhan, belakangnya kawasan industri dan ada juga perumahan. Tentunya nanti ada rekreasi dan semacamnya," papar Bambang.

Konsep integrasi itu membuat jalanan tak macet. Sebab, lokasi bongkar muat material dari pelabuhan cukup dekat dengan pelabuhan. Kurang lebih 2 sampai dengan 3 kilometer.

Proses pengiriman barang antardaerah pun jadi lebih efisien. Sebab, kawasan itu terhubung dengan kereta api dan tol menuju Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

Saat ini, BKMS menanti dukungan pemerintah untuk pembangunan jalan tol sepanjang 11 kilometer dari Krian, Sidoarjo menuju Manyar, Gresik. Bambang mengklaim pembangunan jalan tol sudah tertulis dalam surat keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami juga sudah bertemu PT Waskita Tol Road. Kami diminta menyumbang dua dari sebelas kilometer yang akan digunakan untuk bangun tol dari Bunder ke Manyar. Karena saya rasa dari Bunder ke Manyar banyak berhubungan dengan kepentingan kami. Oke saja agar nantinya bisa memperlancar arus pengiriman barang," terangnya. 

Berikut kemudahaan dan keuntungan investasi yang ditawarkan JIIPE untuk para investor:

1. Dukungan pelayanan tiga jam dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk investasi asing langsung, serta dukungan Pemerintah Provinsi Jatim dan Pemkab Gresik dalam mempermudah perizinan-perizinan lainnya bagi perusahaan.

2. Kemudahan Layanan Investasi Langsung Konstruksi, di mana perusahaan bisa memulai pekerjaan konstruksi sambil paralel mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), tentunya hal ini bisa menghemat waktu dan mempercepat timeline investasi.    

3. Tersedianya area pusat logistik berikat, gudang berikat, kawasan berikat untuk produksi, pabrik siap pakai dan pergudangan guna mendukung logistik kebutuhan fasilitas kepabeanan bagi perusahaan di kawasan industri.

4. Terhubung langsung dengan kawasan pelabuhan dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan perusahaan di kawasan industri.


(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PERINDUSTRIAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA BISNIS
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 20-06-2018