DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Mantan Wali Kota Batu Dipindah ke Lapas Sidoarjo

Syaikhul Hadi - 12 Januari 2018 22:09 wib
Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Foto: Antara/Reno Esnir
Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Foto: Antara/Reno Esnir

Sidoarjo: Mantan Wali Kota Batu Edi Rumpoko dan Kepala Bagian ULP Pemkot Batu Edy Setyawan dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Sidoarjo. Mereka akan segera disidang di Pengadilan Negeri Surabaya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Sidoarjo Djumadi membenarkan pemindahan tahanan Edi Rumpoko bersama Edy Setyawan yang dibawa Jaksa KPK. Penyerahan tersangka sekaligus penyerahan barang bukti terkait dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Batu TA 2017  yang sudah sampai pada tahap penuntutan,

"Iya benar. Tadi sore sekitar pukul 16.30 WIB sudah dipindahkan ke Lapas Sidoarjo," ujar Djumadi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat, 12 Januari 2018.

Edi Rumpoko akan ditempatkan di ruang khusus masa pengenalan lingkungan. Di sana, dia akan menempati kurang lebih sekitar 14 hari. Dan selanjutnya akan di tempatkan di ruang tahanan biasa. Sementara, tersangka Edi Setyawan dititipkan di Rumah Tahanan kelas I Surabaya Medaeng.

"Pemindahan tahanan tersebut terkait proses persidangan," jelasnya.

(Baca: Eddy Rumpoko Segera Diadili)

Ada sekitar 47 orang saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan terhadap kedua tersangka Wali Kota Batu Edi Rumpoko dan Kepala Bagian ULP Pemkot Batu Edy Setyawan.

KPK sebelumnya menetapkan Eddy Rumpoko, Kepala Bagian Unit Layanan Pengaduan (ULP) Pemkot Batu Eddi Setiawan, dan Filipus sebagai tersangka. Ketiganya diduga telah melakukan praktik suap terkait pengadaan meubelair di Pemkot Batu. 

Atas perbuatannya, Eddy Rumpoko dan Eddi Setiawan sebagai penerima dijerat Pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Sedangkan, Filipus sebagai pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

(Klik: Kabag ULP Terima Uang Suap atas Perintah Eddy Rumpoko)

 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KASUS SUAP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 26-09-2018