PBNU Menyatakan Netral di Pilkada Jawa Timur

- 10 Oktober 2017 11:34 wib
Khofifah Indar Parawansa dan Syaifullah Yusuf pernah berpasangan dalam kontestasi Pilgub Jatim. (Foto: ANTARA/Eric Ireng)
Khofifah Indar Parawansa dan Syaifullah Yusuf pernah berpasangan dalam kontestasi Pilgub Jatim. (Foto: ANTARA/Eric Ireng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Masduki Baidlowi menyatakan pihaknya netral dalam kontestasi Pilkada Jawa Timur (Jatim). Jumlah warga Nahdliyin yang menjadi mayoritas di provinsi tersebut tak membuat PBNU berpihak pada salah satu calon yang akan maju dalam pilkada.

"Kalau dalam konteks dukung mendukung, Kami PBNU tidak akan melakukannya. Karena secara organisasi Kami bukan partai politik," ujar Masduki, dalam Opsi, Senin 9 Oktober 2017.

Meski tak mendukung salah satu calon, Masduki mengatakan pihaknya tetap memantau aspirasi yang berkembang di akar rumput. Apalagi setelah ada klaim dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bahwa calon yang diusung oleh partai tersebut sudah mendapatkan restu dari kyai sepuh di Jawa Timur.

Masduki mengatakan PBNU memang memiliki otoritas terhadap mayoritas warga Jatim yang Nahdliyin. Namun otoritas yang dilakukan hanya dalam konteks memberikan pesan politik tentang kenegaraan dan surat edaran bahwa politik PBNU adalah high politic.

"High politic yang bagaimana kewarganegaraan terjaga dengan baik karena high politic itu salah satu kaidah fiqh-nya mengatakan pemimpin itu yang penting bisa menyejahterakan rakyat. Rakyat jangan dikorbankan oleh suasana politik praktis," kata Masduki.

Ketua Bidang Infokom MUI ini juga mengatakan jangan sampai kontestasi pilkada di Jatim justru membuat gaduh dan memecah belah umat. Saling klaim bahwa masing-masing calon sudah mendapatkan restu para kyai hanyalah dinamika politik yang tidak boleh sampai berimbas buruk pada silaturahmi antar-umat.

"Pengalaman umat di bawah itu sering terimbas oleh friksi politik. Tapi mudah-mudahan ini tidak terjadi pada pilkada yang akan datang," jelas Masduki.

 


(MEL)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILGUB JATIM 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 18-10-2017