Soekarwo Lantik Empat Pjs Kepala Daerah di Jatim

Amaluddin - 14 Februari 2018 15:37 wib
Gubernur Jatim Soekarwo (tengah), didampingi Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono (dasi merah), saat melantik empat Pjs untuk empat kepala daerah. Foto:Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jatim Soekarwo (tengah), didampingi Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono (dasi merah), saat melantik empat Pjs untuk empat kepala daerah. Foto:Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik empat pejabat sementara (Pjs) untuk kabupaten/kota yang kosong kepala daerah. Empat Pjs menggantikan sementara bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota yang maju pada pilkada serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

Pelantikan digelar di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Surabaya, Rabu, 14 Februari 2018. Pengangkatan disaksikan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono.

Empat Pjs itu adalah Kadisbudpar Provinsi Jatim Jarianto sebagai Pjs Bupati Tulungagung, Kadisnaker Provinsi Jatim Setiajit sebagai Pjs Bupati Jombang, Kadishub Provinsi Jatim Wahid Wahyudi sebagai Pjs Walikota Malang, dan Kepala BPKAD Provinsi Jatim Jumadi sebagai Pjs Walikota Kediri.

Pelantikan ini berdasarkan SK Mendagri tertanggal 13 Februari 2018 Nomor 131.35-260, 245, 271, 261 Tahun 2018.

"Saya Gubernur Jatim atas nama Presiden RI dengan resmi mengukuhkan keempat Pjs kepala daerah. Mereka akan bertugas kurang lebih selama empat bulan atau selama cuti kampanye 15 Februari-23 Juni 2018," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo.

Kata Pakde Karwo, Pjs memiliki tugas, wewenang, kewajiban, dan hak yang sama dengan kepala daerah definitif. Mereka bisa memutasi pejabat daerah maupun memikirkan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah.

"Mutasi bisa dilakukan untuk mengisi posisi yang kosong. Tetapi itu harus ada koordinasi dengan gubernur dan koordinasi dengan kepala daerah yang sedang cuti," katanya.


 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA SERENTAK
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 23-02-2018