Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp RP2.681.945.402 (22 JULI 2018)

Emil Dardak Bercita-cita Hadirkan Imej Wisata Pantai Eksotis di Trenggalek

Laela Badriyah - 04 Januari 2018 18:56 wib
Pemandangan senja di pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, sumber foto: Dokumen Pemkab Trenggalek
Pemandangan senja di pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, sumber foto: Dokumen Pemkab Trenggalek

Trenggalek: Indonesia kaya akan tujuan wisata dengan beragam pilihan. Bukan hanya Bali dan Yogyakarta yang menjadi pilihan mainstream bagi wisatawan. Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, juga tak mau kalah.

Sebagai kepala daerah, Emil Elestianto Dardak pun bertekad menjadikan Trenggalek sebagai salah satu tujuan wisata di pesisir selatan Jawa Timur. Pantai Prigi, menjadi salah satu andalan Bupati Trenggalek itu untuk menarik minat wisatawan.

"Kalau mau mendapatkan suasana pantai yang eksotis, tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok. Di Jatim juga ada, tepatnya di Trenggalek. Pantai Prigi namanya. Pengunjung bisa menikmati pemandangan di tepi laut, snorkeling, atau bermain banana boat, hingga bermain ATV di hamparan pasir," kata Emil saat mempromosikan wisata Trenggalek melalui Medcom.id beberapa waktu lalu.


(Bupati Trenggalek Emil Dardak menunjukkan beberapa foto destinasi wisata di pesisir selatan kabupaten tersebut, Dok: Medcom.id)

Untuk menjangkau Pantai Prigi, wisatawan dapat menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya (Jatim), Bandara Internasional Abdulrachman Saleh Malang (Jatim), dan Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali (Jateng). Kemudian wisatawan melanjutkan perjalanan menggunakan mobil menuju Kabupaten Trenggalek dengan waktu tempuh kurang lebih 3 hingga 4 jam.

Perjalanan dilanjutkan kembali dari pusat Kabupaten Trenggalek menuju Pantai Prigi dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Memang, perjalanan cukup panjang. Tapi, begitu tiba di pinggir pantai, kelelahan itu terbayarkan.

Pasir putih menghampar di pinggir laut. Warna hijau laut dan deru ombak membuat segar sejauh mata memandang. Hutan lebat nan hijau kian membuat asri pesona Pantai Prigi. 


(Hamparan Pantai Prigi di pesisir selatan Trenggalek, sumber foto: Dokumen Pemkab Trenggalek)

"Tapi kami masih mengeksplorasi potensi itu. Kami masih segmented untuk mengeksplorasinya," lanjut Bupati yang kini menjadi bakal calon wakil gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2018 itu.

Promosinya, ungkap Emil, masih di sekitaran Jatim dan Jateng. Minimal, warga di Solo, Malang, hingga Surabaya tertarik untuk berwisata di pesisir selatan.

Emil bercita-cita Trenggalek menjadi barometer kebudayaan dan musik di pesisir selatan. Kebudayaan dan kesederhanaan itu bisa menjadi imej baru wisata eksotis di Trenggalek.

Emil juga mempromosikan kuliner khas Trenggalek. Misalnya ayam lodho. Yaitu ayam kampung yang dibumbu lalu dibakar. Cara menyantapnya dengan menuangkan santan cair ke sajian ayam.

Berkunjung ke lokasi pesisir, tentu tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner laut di Trenggalek. Emil mengatakan banyak tempat makan yang menyajikan ikan bakar di kabupaten tersebut. 

Selain itu, pengunjung juga bisa mendatangi pantai lain di Trenggalek. Di antaranya Pantai Mbangko’an, Pantai Pelang, Pantai Ngulungwetan, dan Wawaran.




(RRN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG WISATA PANTAI
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018