Warga Sumenep Disiapkan Menghadapi Puting Beliung

Rahmatullah - 10 Oktober 2017 14:23 wib
Gudang penyimpanan barang di Sumenep, Jawa Timur, setelah diterjang puting beliung beberapa waktu lalu – MTVN/Rahmatullah
Gudang penyimpanan barang di Sumenep, Jawa Timur, setelah diterjang puting beliung beberapa waktu lalu – MTVN/Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Sebagian daerah di Kabupaten Sumenep rawan diterjang puting beliung. Di antaranya yaitu Desa Kertasada dan Marengan Laok di Kecamatan Kalianget.

"Kita lakukan antisipasi di daerah langganan bencana puting beliung," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep Abd. Rahman Riadi di Sumenep, Jawa Timur, Selasa 10 Oktober 2017.

Riadi menjelaskan, antisipasi dilakukan agar masyarakat yang tinggal di daerah rawan tidak terdampak bencana. Wujud konkret antipasi yang dilakukan adalah membentuk desa tangguh bencana (destana).

Dengan destana, warga sejak dini sudah dilatih menyiapkan diri menghadapi puting beliung. Salah satunya yaitu dengan memberikan pemahanan kepada masyarkat tentang karakteristik awan dan angin yang berpotensi berubah menjadi puting beliung.

Saat ini, baru Desa Kertasada yang sudah menjadi destana. "Kita berikan pelatihan untuk masyarakat, terutama untuk perangkat desa," ungkap Riadi.

Menurut Riadi, warga destana juga diminta memiliki perencanaan penanggulangan bencana. Jadi, warga sudah siap dan tahu apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Riadi mengaku, pihaknya saat ini masih fokus memasok air bersih ke wilayah terdampak kekeringan. Hingga kini, daerah terdampak kekeringan terus bertambah.


(NIN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PUTING BELIUNG
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 14-12-2017