KPU Sumenep Belum Menerima Salinan Bukti Keanggotaan Parpol

Rahmatullah - 12 Oktober 2017 13:35 wib
Tempat penerimaan salinan bukti keanggotaan parpol di KPU Sumenep – MTVN/ Rahmatullah
Tempat penerimaan salinan bukti keanggotaan parpol di KPU Sumenep – MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: KPU Sumenep, Jawa Timur, hingga hari ini masih belum menerima salinan bukti kartu tanda anggota (KTA) partai politik (parpol). Hal itu merupakan salah satu berkas pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2019. Pimpinan parpol diimbau untuk segera menyerahkan berkas tersebut, sebelum ditutup pada tanggal 16 Oktober mendatang.
 
“KPU belum menerima salinan bukti keanggotaan parpol mana pun,” jelas Komisioner KPU Sumenep, A. Zubaidi, Kamis 12 Oktober 2017.
 
Sebenarnya hari kemarin sudah ada parpol menyerahkan berkas tersebut. Tapi karena tidak sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan, maka KPU mengembalikan berkas tersebut untuk diperbaiki.
 
“KTP dan KTA belum sesuai dengan yang di sipol, termasuk karena tidak berurutan dan data tidak sesuai,” terang Zubaidi.
 
Parpol tersebut diminta untuk memperbaiki data yang sudah dibawa. Bila sudah benar, boleh datang lagi ke kantor KPU untuk menyerahkan berkas tersebut.
 
Selain salinan KTA, yang juga harus diserahkan adalah struktur kepengurusan, kepemilikan kantor, keterwakilan perempuan dan sejumlah berkas lain. Setelah menerima salinan berkas, kata Zubaidi, KPU bakal meneliti kelengkapan dan kebenaran semua berkas tersebut.
 
Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual berkas yang diberikan partai baru. Sementara partai lama atau peserta pemilu 2014, Zubaidi memastikan tidak akan diverifikasi ulang.
 
“Dari awal sudah diimbau untuk tidak melebihi batas akhir penyerahan dokumen pendataran,” ujarnya.



(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMILU SERENTAK 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Wed , 13-12-2017