Siaga Bencana, BPBD Jombang Pasang Papan Rawan Lonsor

Nurul Hidayat - 10 Oktober 2017 11:21 wib
Salah satu titik longsor di Kabupaten Jombang. MTVN/Nurul
Salah satu titik longsor di Kabupaten Jombang. MTVN/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang memasang rambu-rambu peringatan di lokasi rawan longsor di sejumlah titik yang ada dikabupaten setempat. Hal itu dilakukan sebagai langkah awal antisipasi bencana longsor jelang memasuki musim penghujan.

Berdasarkan data yang dihimpun Metrotvnews.com melalui kantor pusat BPBD Kabupaten Jombang di Jalan KH Wahid Hasym Jombang. Zona rawan longsor terletak di sejumlah pegunungan dan perbukitan yang ada di Kabupaten Jombang, yakni di Kecamatan Wonosalam, Bareng dan Kabuh.

“Berdasarkan survei dan koordinasi anggota BPBD Kabupaten Jombang di lapangan, maka dihasilkan salah satu langkah antisipasi yakni dengan pemasangan rambu-rambu rawan longsor tersebut,” kata Kepala seksi kesiap-siagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi Kepada Metrotvnews.com di Kabupaten Jombang, Selasa 10 Oktober 2017.

Ia mengatakan, Hujan yang terjadi selama beberapa kali dalam sepekan terakhir berpotensi adanya retakan tanah di kawasan pegunungan terutama di daerah yang pernah terjadi longsor.

“Karena di daerah yang pernah terjadi longsor sudah tidak ada lagi pohon penahan serta resapan air hujan, dan dapat dimungkinkan terjadi adanya retakan tanah,” katanya.

Gunadi juga mengimbau kepada seluruh warga serta aparatur desa yang masuk dalam rawan longsor untuk tetap waspada, serta selalu berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Jombang. Hal ini perlu dilakukan agar BPBD Kabupaten Jombang dapat mengambil Langkah pencegahan jika ditemukan indikasi akan adanya bahaya longsor.

“Langkah pencegahan yakni mulai dari pemetaan wilayah terdampak hingga nantinya proses evakuasi yang akan dilakukan,” pungkasnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LONGSOR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Thu , 14-12-2017