DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 12.968.610.192 (19 AGUSTUS 2018)

Nilai THR ASN di Jember Tergantung Institusi

Kusbandono - 06 Juni 2018 22:15 wib
Ilustrasi: Pegawai negeri sipil (PNS) melakukan aktivitas di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) lantai 20 Balai Kota DKI, Jakarta. MI/Arya Manggala
Ilustrasi: Pegawai negeri sipil (PNS) melakukan aktivitas di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) lantai 20 Balai Kota DKI, Jakarta. MI/Arya Manggala

Jember: Pemerintah Kabupaten Jember siapkan anggaran tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara (ASN) sebesar Rp6,2 miliar. Nilai THR yang diberikan berbeda tiap institusi.

"Kami sudah mengumpulkan seluruh bendahara di masing-masing organisasi perangkat daerah, dan hari ini mulai bisa diproses dan dicairkan THR ASN," kata Mirfano Sekretaris Kabupaten Jember kepada Medcom.id Rabu 6 Juni 2018.

Menurut Mirfano, jumlah ASN di Pemkab Jember sebanyak 13.900 PNS yang akan mendapatkan THR sesuai dengan gaji pokok dan tunjangannya, sehingga nominal THR tidak sama.

"Pencairan THR bergantung pada penyelesaian administrasi masing-masing bendahara di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jember, sehingga cepat atau tidaknya THR diberikan tergantung bendahara di masing-masing OPD," tutur Mirfano.

Nilai THR yang diberikan kepada ASN tersebut meliputi gaji pokok dan tunjangan sesuai dengan intruksi yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. "Untuk pencairan THR ASN di Pemkab Jember dan mereka akan segera mendapatkan THR melalui bendahara di masing-masing OPD seperti saat menggambil gaji bulanan," kata Mirfano.

Secara terpisah Kepala BPKAD Jember, Yuliana mengatakan pihaknya belum menghitung total nominal THR yang akan diberikan kepada seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten Jember.

"Kami sudah menghubungi seluruh bendahara di masing-masing OPD untuk menyerahkan anggaran THR sesuai dengan jumlah PNS di masing-masing OPD, namun baru sebagian data dari bendahara tersebut sudah masuk ke BPKAD." Kata Yuliana.

Yuliana juga mengatakan, biasanya THR tersebut dicairkan setelah ASN menerima gaji dan pencairan gaji PNS baru dilakukan pada Senin 4 Juni 2018 karena 1 Juni 2018 libur dan 2 Juni 2018 hari Sabtu, sehingga sebagian OPD baru menyetorkan anggaran THR.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya kepada PNS, TNI, Polri, tunjangan yang diberikan meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan.

Sedangkan untuk nilai THR bagi bupati-wakil bupati, wali kota-wakil wali kota, pimpinan dan anggota DPRD meliputi gaji pokok atau uang representasi, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.
 


(SUR)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG TUNJANGAN HARI RAYA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sun , 19-08-2018