DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

MPR Gelar Pertunjukan Seni Wayang Kulit di Kota Bumi Kartini

Pelangi Karismakristi - 21 Agustus 2016 10:11 wib
MPR melakukan Empat Pilar dengan menggelar pertunjukan wayang kulit di alun-alun Kota Bumi Kartini (Foto:Dok.MPR)
MPR melakukan Empat Pilar dengan menggelar pertunjukan wayang kulit di alun-alun Kota Bumi Kartini (Foto:Dok.MPR)

Metrotvnews.com, Jepara: Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) kembali menyelenggarakan pertunjukan seni wayang kulit. Pagelaran ini merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR.

Kali ini, pagelaran wayang kulit didalangi oleh Ki Sasmito Cokro dengan lakon "Wahyu Manunggaling Cipto". Acara yang berlangsung di alun-alun Kota Bumi Kartini ini berlangsung meriah dan menyedot perhatian publik, mereka nampak antusias menyaksikan perhelatan rutin MPR ini.

Ketua Panita Pelaksana Purwadi, menyampaikan kegiatan ini murni untuk sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan sesuai dengan Inpres No. 5 Tahun 2006 yang mengintruksikan semua Pemda untuk mendukung dan membantu kegiatan sosialisasi ini.

"Yang tujuan dari pementasan seni budaya wayang kulit ini adalah untuk melakukan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam rangka Internalisasi pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat. Khususnya melalui pagelaran seni budaya tradisional dan juga sebagai salah satu bentuk apresiasi sekaligus langkah konkret  dan nyata MPR RI dalam upaya melestarikan warisan budaya tradisional, utamanya wayang kulit," papar pria yang malam itu mengenakan pakaian tradisional Jawa Tengah, Jumat (19/8/2016).

Sementara itu Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengucapkan terimakasih pada MPR yang telah memilih Jepara untuk melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI.

"Dan saya berharap agar generasi muda menyadari bahwa seni budaya wayang itu merupakan asli Indonesia, yang menjadi tontonan dan tuntunan.  Agar generasi muda lebih mencintai budaya sendiri, sehingga rasa cinta tanah air semakin kuat," kata Ahmad dalam pidatonya.

Pada kesempatan yang sama, Daryatmo Mardiyanto mewakili Pimpinan MPR RI dalam sambutanya menegaskan sosialisasi Emapat Pilar melalui metoda seni budaya ini lebih disukai masyarakat dan sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 hampir di seluruh wilayah tanah air.

"Dan diharapkan menjadi tuntunan untuk segenap warga bangsa yang muaranya kita harapkan menjadi tatanan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," ucap Daryatmo.

Usai berpidato, tepat pukul 21.00 WIB pagelaran wayang dengan lakon “Wahyu Manunggaling Cipto” dimulai, ditandai dengan penyerahan tokoh wayang oleh Daryatmo Mardiyanto kepada dalang Ki Sasminto.

Untuk diketahui, dalam acara ini hadir pula Bowo Sidik Pangarso (Fraksi Golkar), Abdul Wachid (Fraksi Gerindra), Mukhlisin (Fraksi PPP), dan Muhammad Afnan Hadikusumo (Kelompok DPD di MPR RI). Sedangkan dari pemerintah daerah hadir Bupati Kabupaten Jepara Ahmad Marzuqi. Kapolres, Dandim, serta jajaran Forkopimda dan SKPD Kabupaten Jepara.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG MPR ADS
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 25-09-2018