Selundupkan Sabu, Petugas Keamanan Bandara Ditangkap

Antara - 10 Februari 2018 18:14 wib
Ilustrasi sabu. (ANT/Andika Wahyu)
Ilustrasi sabu. (ANT/Andika Wahyu)

Balikpapan:  Seorang diduga kurir narkoba, Abdul Rajak (AR), 48, ditangkap polisi di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari AR, petugas menyita satu kilogram narkotika jenis sabu yang disembunyikan di dalam jaket pelaku. 

"Penangkapan kami lakukan Kamis pagi di pintu keluar Bandara Sepinggan. Yang bersangkutan bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara, sebagai petugas keamanan," kata Direktur Reserse Narkoba (Direskoba) Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Kalimantan Timur Komisaris Besar (Kombes) Polisi Ahmad Sauri, Sabtu 10 Februari 2018.

AR tiba di Balikpapan dengan menggunakan pesawat Lion Air JT 0673. Pada penerbangan itu, AR duduk di kursi nomor 7C. Ia diduga dengan menggunakan statusnya sebagai ASN petugas keamanan Bandara Juwata untuk menghindari pemeriksaan di Bandara Juwata sehingga bisa leluasa masuk ke pesawat. 

Berdasar pengakuan AR, kata Sauri, sudah empat kali menjadi kurir sabu dalam rute Tarakan-Balikpapan. Setiap aksinya, AR mendapat bayaran Rp4 juta. 

"Dia jadi kurir sejak 2010," tambahnya.

Sauri menyakini, sabu yang diselundupkan AR tak hanya beredar di Balikpapan tapi juga kota lain seperti Samarinda. Modus yang digunakan, kata Sauri, ialah hit and run. 

"Kurir datang segera disambut, langsung barang berpindah," ungkapnya.

Sementara itu, AR mengakui, ini merupakan kali pertama menyelundupkan sabu dalam jumlah besar. "Biasanya hanya beberapa gram," kata AR sebelum digelandang masuk mobil oleh polisi.

Selain sabu, polisi juga menyita duit Rp2,2 juta dan jaket yang dipakai AR. Kini AR mendekam di Rumah Tahanan Polda Kalimantan Timur. Petugas masih mendalami kasus tersebut.


(LDS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG NARKOBA
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 20-02-2018