Berbagi Untuk Palestina, Dana Terkumpul Rp Rp2.676.534.291 (20 JULI 2018)

DPR Apresiasi Sinergi Lintas Sektoral Pemkot Bukittinggi

Anggi Tondi Martaon - 16 April 2018 18:22 wib
 Anggota Komisi VIII DPR RI M. Iqbal Romzi. Foto: Dok. DPR
Anggota Komisi VIII DPR RI M. Iqbal Romzi. Foto: Dok. DPR

Bukittinggi: Anggota Komisi VIII DPR RI M. Iqbal Romzi mengapresiasi sinergi lintas sektoral yang dibangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, Sumatera Barat. Dengan keterbatasan anggaran, kota yang geografisnya diapit Gunung Marapi dan Singgalang itu dinilai mampu menanggulangi bencana dengan baik.

Tidak hanya dengan pihak pemerintah, Pemkot Bukittingi juga menjalin kerjasama dengan pihak swasta atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kerja sama yang dimaksud melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Walau APBD Bukittinggi kecil hanya Rp800 miliar, pemerintahnya aktif mencari dana untuk menanggulangi bencana," kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Senin, 16 April 2018.

Tak hanya bencana, politikus PKS itu juga menilai sinergi yang dijalin oleh Pemkot Bukittinggi juga diterapkan dalam pengentasan kemiskinan. Sinergi yang harmoni dengan pemerintah pusat kemudian disalurkan kedalam program pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, cara tersebut sangat bagus. Kaum tidak mampu diajak mengoptimalkan dan memberdayakan diri keluar dari garis kemiskinan. "Untuk mengatasi kemiskinan, Pemkot tak harus memberi 'ikan,' melainkan 'alat pancing' kepada fakir miskin," ujar dia.


(ROS)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG BERITA DPR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 23-07-2018