Infrastruktur Buruk, Biaya Ojek Menuju Pinogu Setara Harga Tiket Pesawat

Andri Arnold - 14 Januari 2018 10:02 wib
Kondisi jalan rusak menuju Kecamatan Pinogo. (Foto: bonebolangokab.go.id)
Kondisi jalan rusak menuju Kecamatan Pinogo. (Foto: bonebolangokab.go.id)

Gorontalo: Kecamatan Pinogo merupakan kecamatan terpencil di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Daerah ini dipenuhi jenis tanaman perkebunan yang tumbuh subur seperti kopi, kakao, kemiri, durian, jagung, serta hamparan sawah yang menghijau dan menghasilkan beras organik.

Namun, selama bertahun-tahun, masyarakat di kecamatan tersebut harus beraktivitas dengan keterbatasan infrastruktur, sebab jalan yang tersedia tak layak dan sangat berbahaya untuk dilalui.

Pada Sabtu, 14 Januari 2018, Metro TV berkesempatan melihat lokasi. Kondisi fisik jalan yang rusak parah tersebut, membuat para pendatang yang datang ke kecamatan tersebut kesulitan dan harus merogoh kantong yang dalam.

Sebab, para pendatang harus menyewa sepeda motor atau menggunakan jasa ojek dengan tarif yang sangat mahal, yakni hampir setara dengan harga tiket pesawat Gorontalo-Jakarta.

"Jika sedang kemarau, sewa ojek Rp800 ribu, sedangkan saat hujan tarifnya menjadi Rp1 juta karena jalanan becek dan semakin sulit dilewati," kata salah satu tukang ojek setempat, Rahman.

Jika tak menggunakan sepeda motor, maka pilihal lainnya yakni dengan berjalan kaki. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pinogu pun mencapai sembilan jam.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mengaku telah berusaha untuk membuat jalan rabat beton untuk memudahkan perjalanan ke Pinogu. Namun, akibat minimnya anggaran, membuat pembangunan jalan tak kunjung selesai.

"Terlebih tak ada bantuan baik dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, maupun Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan jalan ke kecamatan tersebut," kata Bupati Kabupaten Gorontalo, Hamim Pou.




(SCI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG INFRASTRUKTUR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-01-2018