Jadi Penentu di Pilgub Sulsel, Demokrat Pertimbangkan Tiga Nama Kandidat

Andi Aan Pranata - 13 Oktober 2017 14:11 wib
Peserta penjaringan bakal calon gubernur di DPD Demokrat Sulsel
Peserta penjaringan bakal calon gubernur di DPD Demokrat Sulsel

Metrotvnews.com, Makassar: Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Selatan enggan terburu-buru menetapkan bakal calon usungan untuk  pemilihan gubernur 2018. Partai disebut masih mempertimbangkan secara matang para kandidat yang telah menempuh tahapan penjaringan.

Ketua Desk Pilkada Demokrat Sulsel Selle KS Dalle mengatakan, pihaknya paling tidak membutuhkan waktu 14 hari untuk menentukan sikap. Nama kandidat gubernur jagoan kemudian akan disahkan oleh tim Majelis Tinggi Partai Demokrat di Dewan Pimpinan Pusat.

“Ibaratnya sepakbola, tahapan penjaringan sekarang sudah memasuki babak final. Kini kita mengerucut ke tiga nama,” kata Selle di Makassar, Jumat 13 Oktober 2017.

Selle enggan menyebut tiga nama kandidat, mengingat hal tersebut masih jadi strategi internal partai Demokrat. Namun sebelumnya diketahui terdapat lima tokoh yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon. Mereka adalah Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Ketua Harian DPP Golkar Nurdin Halid, tokoh militer Rivai Ras, dan mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo.

Selle menyatakan pihaknya masih mempertimbangkan sejumlah aspek dalam menentukan kandidat usungan. Sejauh ini, menurutnya, situasi masih sangat dinamis.

“Kami tidak ingin terburu-buru dan masih melihat perkembangan,” kata dia.

Diketahui ada dua pasangan kandidat yang telah mengamankan tiket ke Pilgub Sulsel, dengan syarat minimal 17 kursi parlemen provinsi. Pasangan Nurdin Halid - Aziz Qahhar Mudzakkar diusung Partai Golkar, Partai NasDem, dan PKPI (33 kursi). Sementara, Nurdin Halid - Andi Sudirman Sulaiman diklaim dapat tiket dari PDIP, Gerindra, dan PKS (22 kursi).

Pasangan lain, Agus Arifin Nu’mang - Aliyah Mustika masih berjuang memenuhi persyararatan. Saat ini mereka telah didukung PKB dan PBB (4 kursi).

Dengan demikian, Keputusan Partai Demokrat sebagai pemilik 11 kursi parlemen bakal menjadi penentu jumlah bakal calon gubernur Sulsel. Skenarionya, dua atau tiga pasangan kandidat. Partai lain yang belum menentukan sikap adalah PAN (9 kursi) dan Hanura (6 kursi).

Sebelumnya pengamat politik Universitas Hasanuddin Adi Suryadi Culla menganggap peta persaingan di Pilgub Sulsel masih sangat cair. Sebab partai yang telah mengeluarkan rekomendasi pun, masih bisa mengubah keputusannya.

"Paling tidak hingga pendaftaran bakal calon di KPU dibuka, semua masih bisa terjadi,” katanya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PILKADA 2018
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Fri , 20-10-2017