Colours of Cultures Festival 2017 Diselenggarakan di 3 Lokasi di Pantai Kuta

M Studio - 13 November 2017 10:32 wib
Cultures Festival 2017 (Foto:Dok)
Cultures Festival 2017 (Foto:Dok)

Metrotvnews.com, Jakarta: Colours of Cultures Festival (CoCF) kembali diselenggarakan tahun ini. CoCF merupakan kegiatan festival tahunan yang terselenggara atas inisiatif ITIC (Indonesia Tourism Information Centre), sebuah pusat informasi pariwisata yang yang didirikan bersama-sama oleh 10 provinsi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama.

Kegiatan tersebut sudah diselenggarakan sejak 2015, dan tahun ini adalah CoCF ke-3. Untuk tahun ini, CoCF diselenggarakan mulai 16 November hingga 19 November 2017. Lokasi penyelenggaraan di tiga tempat yang semuanya berada di kawasan Kuta, yaitu: Gedung IndonesiaTIC, Beachwalk Mall, dan area pantai Kuta. Pemilihan lokasi pameran didasarkan pada pertimbangan tingginya tingkat kunjungan wisatawan ke Kuta, yaitu lebih dari 20 ribu orang pada hari kerja dan lebih dari 30 ribu orang pada saat akhir pekan.

CoCF 2017 terselenggara berkat dukungan dari Kementerian Pariwisata, provinsi anggota FKD-MPU, Pemerintah Daerah Kabupaten Badung, dan Desa Adat Kuta.

Ada pun tujuan diselenggarakannya CoCF ialah untuk:
- Membantu promosi pemerintah daerah dan swasta yang bergerak dalam industri pariwisata dan turunannya
- Membangun kerja sama
- Menciptakan citra positif pariwisata
- Mendorong pelaku usaha untuk berinvestasi
- Mendorong tumbuhnya ekonomi daerah dengan produk unggulan pariwisata dan industri kreatif
    
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, CoCF 2017 juga menggandeng Festival Entrepreneur Indonesia (FEI) untuk menjadi bagian dari acara CoCF. FEI di Bali merupakan pelaksanaan yang kedua, setelah yang pertama diselenggarakan di Jakarta pada Agustus 2017.

FEI ke-2 (2nd FEI) akan dilaksanakan di Gedung Indonesia TIC dan menghadirkan keynote speaker Dr Hamdan Zoelva, SH, MH. Rangkaian acara 2nd FEI pada 17-19 November 2017 yakni Seminar & talkshow, SME Coaching, Business Practice Expert Class, Bazaar Product & Supporting Business Tools, dan Book/Product Launching.

Sedangkan di Beachwalk Mall, akan disajikan suasana Banten yang kental, beragam kuliner, pentas seni budaya, kain Baduy sampai lumbung padi khas desa Baduy akan ditemui di Beachwalk Mall.

Sementara, di Pantai Kuta akan digelar Pameran Industri Pariwisata, Pameran Seni Kerajinan Produk Unggulan, Bazaar Kuliner, Pentas Seni dan Budaya, kompetisi, dan Fun Games & Activities. Yang istimewa pada malam pembukaan COCF, 17 November 2017, pengunjung dapat mencicipi sate khas Purwakarta, sate maranggi, persembahan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Ragam pentas seni budaya daerah yang akan tampil di Pantai Kuta yaitu berupa tarian daerah yang berasal dari Sulawesi Selatan, Purwakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Banten, dan Jawa Timur.

Pembukaan CoCF 2016 akan dilakukan oleh Gubernur Banten pada 17 November 2017, pukul 16.30 di Pantai Kuta.
(ROS)

ADVERTISEMENT
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-11-2017