DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 20.111.547.901 (22 SEP 2018)

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Ambruknya Tol Manado-Bitung

Mulyadi Pontororing - 26 Juni 2018 15:15 wib
Proses evakuasi korban yang tertimbun longsoran material bangunan tol Manado-Bitung, Sulut pada Selasa, 17 April 2018. (Foto: Istimewa)
Proses evakuasi korban yang tertimbun longsoran material bangunan tol Manado-Bitung, Sulut pada Selasa, 17 April 2018. (Foto: Istimewa)

Manado: Polda Sulawesi Utara menetapkan tiga tersangka dalam kasus ambruknya jalan tol layang Manado-Bitung, di Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara.

Tiga tersangka itu ialah Kepala Staf Tehnik PT Wijaya Karya Tbk berinisial FWP, Manager PT Yodya Karya berinisial JB, dan DR yang merupakan mandor lapangan saat kejadian.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo mengatakan penetapan tersangka ini setelah pihaknya gelar perkara pada, Senin, 25 Juni 2018, di Mapolda Sulut.

Baca: Mabes Polri Selidiki Penyebab Tol Manado-Bitung Ambruk

Tompo menjelaskan, dari hasil gelar perkara tersebut, para tersangka dinilai lalai  sehingga mengakibatkan para pekerja luka-luka dan meninggal saat pengerjaan proyek.

"Hasil rekomendasi dari peserta gelar perkara, mereka setuju bahwa ketiganya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus tersebut," kata Tompo, saat ditemui Medcom, Selasa, 26 Juni 2018.

Menurut Tompo, atas kelalaiannya, para tersangka pun diancam dengan pidana yang diatur dalam Pasal 359 KUHP dengan penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun. Saat ini, sambung Tompo, pihaknya sedang merampungkan berkas perkara untuk kemudian dilimpahkan ke pengadilan.

"Serta Pasal 360 KUHP ayat 1 dan 2," ujarnya.

Baca: Tol Manado-Bitung Longsor, Tiga Pekerja Tertimbun Coran

Tompo juga menjelaskan penetapan tersangka ini juga berdasarkan hasil penyelidikan Tim Puslabfor Mabes Polri terkait penyebab runtuhnya bangunan layang tol Manado-Bitung pada saat dikerjakan.

"Nantinya, hasil tersebut akan dipakai sebagai keterangan saksi ahli pada proses persidangan nanti," ujarnya.


(ALB)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG LONGSOR
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA DAERAH
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 22-09-2018