DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK, Dana Terkumpul RP 14.332.438.005 (21 AGUSTUS 2018)

Polri Persiapkan Pengamanan Jelang Pilkada

Faisal Abdalla - 12 Juni 2018 15:31 wib
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - MI/Rommy Pujianto.
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Sebanyak 171 daerah bakal menghelat hajatan Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018. Polri terus melakukan upaya persiapan pengamanan pesta demokrasi tingkat daerah tersebut. 

"Kita semua di 171 wilayah yang menggelar pilkada, kita siap," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Juni 2018. 

Setyo mengatakan anggota Polri telah melalukan latihan praoperasi penjagaan dan pengawalan surat suara, mulai dari tahap pencetakan, pengamanan, sampai distribusi. Ia memastikan surat suara bisa digunakan pada 27 Juni mendatang. 

Polri juga telah memetakan sejumlah daerah rawan dalam pilkada. Pemetaan tersebut dilakukan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Ada beberapa daerah yang sudah dipetakan dari awal, di antaranya Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat," katanya. 

Selain persiapan pengamanan teknis di lapangan, Polri juga terus melakukan pemantauan di dunia maya. Pemantauan di media sosial dilakukan oleh tim Patroli Siber Polri. 

Meski begitu, Setyo mengatakan polisi mengutamakan pendekatan lunak dalam penanganan kasus hoaks di media sosial. Namun, jika pendekatan lunak tak berhasil, polisi tak segan-segan melakukan penegakan hukum. 

"Kita pantau terus sepanjang bisa kita kendalikan. Tetapi kalau tidak bisa, kita lakukan penindakan hukum. Tetapi intinya Polri selalu mengedepankan pendekatan lunak," tukas dia. 

(Baca juga: Kapolri Sebut Ada 8 Ancaman Keamanan Pilkada Serentak)




(REN)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PEMILU SERENTAK 2019
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Tue , 21-08-2018