Polisi Kumpulkan Bukti soal Laporan Allianz terhadap Nasabah

Deny Irwanto - 14 November 2017 19:30 wib
Ilustrasi: Polisi. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.
Ilustrasi: Polisi. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Jakarta: Penyidik Polda Metro Jaya masih menyelidiki laporan yang dibuat PT Asuransi Allianz Life Indonesia terhadap sejumlah nasabahnya atas dugaan klaim fiktif. Hingga saat ini, penyidik masih mengumpulkan sejumlah materi dan memeriksa saksi untuk menguatkan laporan tersebut.

"Soal kelanjutan kita masih lakukan analisa dan evaluasi ini demi kasus itu ke depannya seperti apa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa, 14 November 2017.

Menurut Argo, pihaknya memerlukan sejumlah data terkait dugaan klaim fiktif yang dilakukan sejumlah nasabah terhadap perusahaan asuransi tersebut. Sementara itu, laporan ini dilayangkan Allianz pada 17 Oktober 2017. 

Laporan terdaftar dengan nomor LP/5034/X/2017/PMJ/Ditreskrimum. Namun, PT Allianz tidak menyebutkan siapa saja nasabah yang dilaporkan dalam kasus ini.

Di sisi lain, Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, pihaknya menduga ada oknum yang ingin mengambil keuntungan dari proses klaim Allianz. Namun, Nico enggan mengambil kesimpulan secara prematur. 

Menurut dia, semua data akan dibeberkan jika penyidik mempunyai cukup bukti dalam kasus tersebut. Polisi pun masih mendalami kasus ini.

"Karena adanya dugaan terdapat komplotan yang sengaja menggunakan modus mendaftar sebagai nasabah asuransi Allianz guna mendapatkan keuntungan klaim asuransi yang diajukan," kata Nico beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Head of Corporate Communications Allianz Indonesia, Adrian D. W. mengatakan, pihaknya merugi akibat perbuatan oknum tersebut. Pelaporan pun dibuat untuk mempertahankan hak dan citra Allianz Life untuk melindungi kepentingan para nasabah, pemegang saham, dan pihak berkepentingan lainnya.

"Kami menduga ada modus operandi yang digunakan untuk mencurangi polis asuransi Allianz sehingga kami melaporkan beberapa nasabah ke Polda Metro Jaya," kata Adrian, dalam pernyataan tertulis.

Baca: Polda Metro Hentikan Penyidikan Kasus Allianz

Sementara itu, polisi sudah menghentikan penyidikan kasus yang menjerat mantan Presiden Direktur PT Asuransi Allianz Life Indonesia Joachim Wessling dan Manajer Claim PT Asuransi Allianz Life Indonesia, Yuliana Firmansyah. Pasalnya, laporan yang dibuat Ifranius Algadri dan Indah Geona Nanda kepada keduanya sudah dicabut.

"Dengan dasar itu menjadi pertimbangan penyidik untuk menghentikan kasus-kasus tersebut," kata Kasubdit Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Iman Setiawan saat dihubungi, Jumat, 10 November 2017.




(OGI)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG PENIPUAN
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Sat , 18-11-2017