DOMPET KEMANUSIAAN PALU/DONGGALA, Dana Terkumpul RP 46.708.723.881 (21 OKT 2018) Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) (Mandiri - 117.0000.99.77.00) (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Novanto Diminta Ungkap Aktor Besar di Korupsi KTP-el

Ilham wibowo - 12 Januari 2018 09:01 wib
Ketua KPK Agus Rahardjo--MI/Rommy Pujianto
Ketua KPK Agus Rahardjo--MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memutuskan soal permohonan Setya Novanto (SN) menjadi juctice collaborator. Mantan Ketua DPR itu dinilai perlu mengungkap aktor yang lebih besar. 

"Memang permintaannya sudah kita terima sebagai juctice collaborator, tapi kita selalu tidak langsung menyetujui," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018. 

Novanto dinilai perlu mengakui terlebih dahulu seluruh kesalahannya dalam dugaan korupsi proyek KTP elektronik. KPK masih mengkaji keseriusan Novanto membongkar megakorupsi yang merugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

"Selalu akan kita lihat yang diungkap apa, dia (Novanto) harus mengungkap sesuatu yang lebih besar. Kemudian dia juga harus konsisten," ujar Agus. 

Baca: KPK Telaah Justice Collaborator Novanto

Keseriusan dan sikap konsistensi Novanto dianggap penting. Novanto dinilai bisa mengambil kesempatan sebagai juctice collaborator ini guna mengurangi masa hukuman. Meski demikian, Agus memastikan akan berhati-hati dalam mengkaji permohonan mantan ketua umum Golkar itu. 

"Jangan sampai di luar pengadilan mau jadi juctice collaborator misalkan, diputusan pengadilan tidak terus terang, itu juga tidak konsisten," ucap Agus. 



Justice collaborator adalah salah satu pelaku tindak pidana tertentu yang mengakui perbuatannya, tapi bukan sebagai pelaku utama dalam kejahatan tersebut. Serta memberikan keterangan sebagai saksi di dalam proses peradilan.

Penjelasan justice collaborator itu tertuang dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2011, tentang perlakuan bagi pelapor tindak pidana (whistle blower) dan saksi pelaku yang bekerja sama (justice collaborator) di dalam perkara tindak pidana tertentu.


(YDH)

ADVERTISEMENT
KUMPULAN BERITA TENTANG KORUPSI E-KTP
MORE
BACA JUGA KUMPULAN PERISTIWA HUKUM
TRENDING TOPIC
ADVERTISEMENT
POPULAR
ADVERTISEMENT

Mon , 22-10-2018